Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Tugas CJR Biologi Sel Mahasiswa Universitas Negeri Medan Kelas PSPB 2022 B
DOI:
https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.816Keywords:
Indonesian, spelling errors, use of punctuationAbstract
PSPB 2022 B students are categorized as still not being careful in using spelling in report writing. This research method is a qualitative method with data collection techniques in the form of a literature study of the CJR Cell Biology PSPB 2022 B report. The results of this research show that each group has errors related to the use of language spelling. Research conclusions regarding errors in using the order of writing a sentence, including the use of capital letters and punctuation that do not comply with EBI.
Downloads
References
Bambang, E. D. G. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Ruang Publik di Gianyar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(2).
Dinanti, N. F., Susetyo, S., & Utomo, P. (2019). Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 191-202.
Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia , 2 (1), 101-106.
Nurhamidah, D. (2018). Analisis kesalahan ejaan pada karangan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 92-107.
Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia pada karangan eksposisi siswa kelas x mipa (studi kasus di sma negeri 4 surakarta). BASASTRA, 6(1), 94-109.
Prasetyo, R. H., & Ulya, C. (2021). TELAAH KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA JURNAL BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 89-98.
Rosdiana, L. A. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-11.
Serungke, M., Lutfiyah, A., Fadillah, M. A., Rambe, N. B., & Maulani, S. (2023). Analisis Kesalahan Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Jurnal Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(1), 10-22.
Sudrajat, R. T., Mahardika, R. Y., & Latifah, L. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam pembelajaran mata kuliah sintaksis berbasis lesson study pada mahasiswa program studi bahasa dan sastra indonesia STKIP siliwangi bandung. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 55-64.
Tussolekha, R. (2019). Kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada makalah karya mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 35-43.
Utami, N. S., & Nugroho, A. S. (2023). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA PARAGRAF DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 221-227.
Widyawati, K., & Indihadi, D. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Siswa Kelas II. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 13-20.
Zubaidi, A., & Faznur, L. S. (2019). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia pada karangan narasi mahasiswa thailand di universitas muhammadiyah jakarta. SEMNASFIP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.