Pelatihan Pengetahuan Dan Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Waterpass Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan SMKN 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu

Authors

  • Nedra Neswita Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Sahriyal Sahriyal Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Sri Agustin Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Arif Sudaryanto Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Bobby Mauliantino Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Yelfidar Yelfidar Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.61132/pandawa.v1i3.67

Keywords:

training, waterpass measurement tools, knowledge and skills

Abstract

The purpose of this community service activity is to train and guide the skills of students of West Rengat 1 Vocational School in an effort to increase competence in knowledge, skills and processing of measurement data using a waterpass measuring instrument in soil surveying subjects, because one of the competencies that must be possessed SMK students, especially those majoring in construction and housing engineering, are studying land surveying using a waterpass tool. The methods used in this training activity include presentation, demonstration, practice and evaluation. The results of the evaluation of this activity were obtained from the assignments given to each student. The instructor checks the calculated measurement results. From the initial observation to the final evaluation process, it was found that there was an increase in the knowledge and skills of the students. Initially the participants did not have the ability to do surveying using a waterpass, but after the training was given the participants were able to apply the program. The evaluation results showed that as many as 67% of the participants were able to carry out the measurement assignments that had been given.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Syaifullah. 2014. Modul Ilmu Ukur Tanah. Badan Penerbit Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Prakik. Jakarta: Rineka Cipta

Artiningsih, N M., I.M. Sukarni, S. Putrah,H. Martini dan W.Subhagiana. Peningkatan

Pengetahuan dan Keterampilan Peternak Desa Takmung Klungkung Melalui Sosialisasi Pemeliharaan Kambing Peberorinetasi Agrabisnis. Udayana Mengabdi 10 (2): 75 – 78`

Benny. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta :Prenada Media Group 2014.

Sutiyomno, Agus. 2010. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi dan

Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Petugas Satuan Polisi Pamoang Praja. Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana.

Syofian Siregar. 2010. Statistiak Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers, 2011

Fahrun Nisak 2015. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Konsep Diri dan Karateristik Pribadi Terhadap Kinerja Staf Pada SMK N Sekota Pekalongan. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Haerunnas. 2016. Analisis Belajar Mandiri Terhadap Pengetahuan Menggambar Autocad Mahasiswa Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar. Fakultas Teknik Universits Negeri Makassar.

Hidayat Nur Isnianto dan Ali Ridho. 2013. Rancang Bangun Alat Ukur Unting – Unting Digital dan Waterpass Dengan Accelero Sensor Berbasis Mikrokontroler ATmega8. Jurnal rekayasa elektrika Vol. 10. No 3.

Istanto, Siswanto, Putu Sudira, Hamidah, Widarto. 2013. Modul Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Lusia Andriani. 2014. Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Prroduktif Pendidikan Vokasional Berdasarkan Sistem Menejemen Mutu ISO 9001.2008. Jurnal kebijakan dan pengembangan mutu pendidikan. 126-129.

Naufal Ilma. 2015. Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. IAIN Sultan Amal Gorontalo.

Mazdayani, Wuryaningsih Dwi Sayekti, dan Adia Nugraha. 2014. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mandor Sadap Di Perkebunan Nusantara VII (PERSERO). JIIA. Vol 2. No. 3.

Munparidi. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis, 1(1), 47-54

Pelangiblog. 3 Mei, 2018.Pengertian dan Definisi Tujuan Pendidikan Menurut Undang- Undang dan Pakar Pendidikan. (https://www.pelangiblog.com/2016/07/tujuanpendidikan-di-indonesia menurut.html)

Atmajayani, R.D. (2018). Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat, Jurnal Riset dan Konseptual. 3(2), 184-189.

Binyamin, B., Asnan, M. N., Prasetyo, B. B., & Ledau, D. F. (2020). Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 52-61.

Haryati, R. S. R. (2018, November). Pelatihan Penggunaan Software Autocad Dan Sketchup Bagi Siswa-Siswi Smk Dengan Jurusan Teknik Bangunan Atau Sejenisnya Di Kota Surakarta. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 271-276).

Hasibuan, S. A. R. S., Anisa, Y., & Royani, I. (2023). Pelatihan Menggambar Denah Rumah dengan Software AutoCad di SMA Harapan Medan. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 40-46.

Herlina, F., SIDIQ, A., Suprapto, M., & Mijibahraman, M. (2019). Peningkatan Kompetensi Dasar Menggambar Teknik Dengan Pelatihan Autocad. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2019, 595-599.

Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 119-126.

Yani, A., Ratnawati, R., & Anoi, Y. H. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Autocad Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Panennungi & Nur Anny Suryanungsih Taufieq. 2017. Ilmu Ukur Tanah. Makassar: Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sari I W. 2010. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Bappeda Kabupaten Lampung Selatan. Tesis. Universitas Lampung Selatan.

Sugiono 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&Alfabeta: Bandung. IAIN Sultan Amal Gorontalo.

Sugiyatno. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan interpersonal Bagi Siswa SMK.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suria Dharma. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta 2008.Direktur Tenaga Pendidikan.

Tira Fatma Krisnamurti. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja SiswaKelas XII SMK Muhammadiyah 1 Wate. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta. ProgramStudi Pendidikan Ekonomi UNY Yogyakarta.

Verra Nitta Turere. 2013. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA, Vol. 1. 3.

Yosep Satrio Wicaksono. 2016. Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan. diterbitkan. Malang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Brawijaya.

Yudi Ganing. Dwi Utami Dan Hudaniah. 2013. Self efficacy Dengan kesiapan kerja sekolah menengah kejuruan. Diterbitkan. Malang. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Nedra Neswita, Sahriyal Sahriyal, Sri Agustin, Arif Sudaryanto, Bobby Mauliantino, & Yelfidar Yelfidar. (2023). Pelatihan Pengetahuan Dan Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Waterpass Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan SMKN 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 38–46. https://doi.org/10.61132/pandawa.v1i3.67

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.