Pengaruh Media Kotak Huruf terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Harapenta Namuseng T.A 2024
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i2.1792Keywords:
Children's Literacy Skills, Early Childhood, Letter Box MediaAbstract
The problem in this study is the Influence of Letter Box Media on Literacy Skills of 5-6 Year Old Children at PAUD Harapenta Namuseng. This study aims to determine the influence of letter box media on literacy skills of 5-6 year old children. The method used in the study is a quantitative method, with a one group pretest-posttest design. The research sample was 10 children aged 5-6 years. The data collection technique used was observation. Using the Wilcoxon test, namely by comparing Tcount with Ttable N = 10 α = 0.05 Ttable = 8 where Tcount> Ttable (55> 8), which means the hypothesis is accepted. So it can be stated that there is an influence of the use of letter box media on literacy skills of 5-6 year old children at PAUD Harapenta Namuseng T.A 2024/2025.
Downloads
References
Amini. (2016). Meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak melalui permainan pola suku kata di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 673–683.
Aspiati, H., Hidayat, A., & Arvyati. (2023). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini dengan media kotak pintar di TK Barakati Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD, 6(2), 141–150.
Fatayati, A. Z., & Ningsih, A. S. K. (2020). Analisis tahap menulis keaksaraan dan stimulasi pada anak usia 5–6 tahun di TK Islam Al-Hilal 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1).
Fitria, N., Zahrina, A., & Hidayat, N. R. (2021). Kemampuan keaksaraan melalui media digital “Bermain Keaksaraan” pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan anak usia dini. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Ifanah, E., & Christiana, E. (2022). Pengaruh media permainan puzzle huruf terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(2), 138–141.
Ismawati, N., Widayati, S., & Khumairoh, L. (2023). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun melalui media papan pintar. Jurnal AUDHI, 6(1).
Jelinda, M. G. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan media kotak alfabet di TK Kasih Tiara Nusa Borong. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1).
Kamtini, & Qomariah, N. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap bercerita anak usia 5–6 tahun di TK ABA 06 Bromo Medan. Jurnal PAUD, 6(1).
Kurnia, R. (2009). Metodologi pengembangan bahasa anak usia dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Listriani, A., Hapidin, & Sumadi, T. (2021). Kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun dalam penerapan metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.
Listriani. (2019). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini dengan media kotak pintar di TK Barakati Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(2).
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Marbun, S., Simare-Mare, A., dkk. (2024). Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca anak usia 5–6 tahun di TK Katolik Asisi Medan. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).
Masykouri, A. (2011). Mengasah kemampuan berbahasa di usia 4–6 tahun. Direktorat Pembinaan PAUD.
Nadila, A. V., Febrilismanto, F., & Solfiah, Y. (2020). Studi komparatif kemampuan keaksaraan awal anak usia 5–6 tahun yang mengikuti pendidikan non-formal dan yang tidak mengikuti pendidikan non-formal di TK se-Kecamatan Logas Tanah Darat. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.863
Naraswari, E. K., Herawati, N. I., & Ismail, M. H. (2021). Peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak usia dini melalui media permainan teka-teki silang modifikasi. Antologi PGPAUD, 4(2), 5.
Nasution, A. S., & Wulan, D. S. A. (2017). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui benda realia. Jurnal Penelitian MIPA, 2(1).
Nuryadi, T. D., Astuti, E. S., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Putri, F. R., & Maylani, I. (2018). Peningkatan kemampuan keaksaraan anak usia dini melalui berbagai media pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1).
Putri, L. W., Rina, & Nirmala, I. (2022). Pengaruh media paper plate terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 325–334.
Qomariah, N., & Kamtini. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan bercerita anak usia 5–6 tahun di TK ABA 06 Bromo Medan. Jurnal PAUD, 6(1).
Rahayu, D. I. (2017). Perkembangan kemampuan keaksaraan pada anak usia 5–6 tahun melalui buku cerita budaya lokal. Jurnal Pendidikan Anak.
Rahayuningsih, S. S., dkk. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5–6 tahun melalui metode bermain dengan media kotak pintar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Rupnidah, & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini.
Somantri, T. (2011). Melek aksara untuk tingkat dasar. Bandung: PT Indahjaya Adipratama.
Sriyanto. (2010). Pengertian kemampuan. Semarang: Walisongo Press.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, A. Y., & Komala. (2020). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media permainan kotak huruf. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Virganta, A. L. (2023). Permainan pola ritme musik berbasis budaya sebagai upaya stimulasi kecerdasan musikal anak usia 5–6 tahun. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1), 41.
Yus, A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.