Urgensi Profesionalisme Guru sebagai Solusi Atas Krisis Moral dan Tantangan Pendidikan Era Global di Indonesia

Authors

  • Muthmainnah Choliq Universitas Darussalam Gontor
  • Nadhilla Claryzha Sifana Dewi Universitas Darussalam Gontor
  • Yulia Amanda Putri Hibatullah Universitas Darussalam Gontor
  • Zila Gustita Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i3.2299

Keywords:

teacher-professionalism, moral-crisis, globalisation, literature-review, educational-challenges

Abstract

Moral crisis and educational challenges in the era of globalization are hot issues currently being faced by the world of education in Indonesia. The purpose of this study is to examine the urgency of teacher professionalism in Indonesia for solutions to the moral crisis and educational challenges in the global era. In the midst of rapid social change, globalization, and the degradation of moral values ​​among students, the teaching profession is expected not only to be limited to teaching, but also to build national character. This study uses a library research method with a descriptive-qualitative approach, through a review of various literature such as books, scientific journals, and previous relevant research. The results of the study indicate that teacher professionalism which includes pedagogical, professional, social, and personality competencies has an important role in creating an adaptive, moral, and quality education system. Strengthening teacher professionalism is the first strategic step in forming a generation with character that is able to face global challenges without losing the nation's identity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.

Cahyaningrum, S. D., Puspita, A. M. I., Salsabila, S. A. P., Amalia, S. R., & Maulanasyah, D. R. (2023). Eksplorasi peran mahasiswa dalam membangun kesadaran identitas nasional. Cendekia Pendidikan, 2(4), 54–75.

Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk pengembangan karakter (Telaah terhadap gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.

Haris, M. P. I. A., Suharsono, M. P. P. N., & Dewi, L. R. (2014). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 5221.

Haryani, H., Salong, A., De Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., Wote, A. Y. V., Nurjanah, N., Haluti, F., Suhirman, L., & Others. (2024). Profesi keguruan: Teori & konsep profesi keguruan yang profesional untuk menghasilkan peserta didik yang unggul. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Haryati, S., Rumah, P. P., & Others. (2020). Pengembangan proses belajar peserta didik dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas pengajar (Vol. 248). Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi penguatan pendidikan karakter dalam menyiapkan generasi emas 2045: Strategi membangun generasi cerdas, berkarakter dan berdaya saing di abad 21. Nusa Putra Press.

Jamil, J. (2022). Etika profesi guru. CV Azka Pustaka.

Kunandar, K. (2011). Evaluating program of curriculum development and implementation at school. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(2), 78607.

Mahanani, P. (2020). Profil guru ideal kunci kemajuan kualitas generasi emas 2045. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD, 1, 51–58.

Mudhofir, A. (2012). Pendidik profesional: Konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Mutia, I. K., Wosal, Y. N., & Monigir, N. N. (2023). Kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di bidang IPTEK. Jurnal Basicedu, 7(6), 3571–3579.

Najmi, A. (2021). Konsep profesionalisme guru dalam pendidikan.

Ningsih, S., & Suryaman, M. (2025). Pemaknaan pelaksanaan PKG (Penilaian Kinerja Guru) dalam meningkatkan kompetensi guru dan dampaknya terhadap pengelolaan sekolah di SMAN 1 Cikarang Pusat. Jurnal Tahsinia, 6(2), 261–277.

Nur, S., Wahyuni, N., Hamsiah, A., Husnita, L., Nurlina, N., Faizin, F., Wahyuni, Y. S., Damayanti, M., Jirana, J., Rahman, S. R., & Others. (2024). Profesi keguruan di Indonesia. Pt Mafy Media Literasi Indonesia.

Nurdiansyah, A. S. (2016). Profesionalisme guru dan tantangan kedepan dalam peningkatan mutu pendidikan pada era global. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Rahadian, D. (2015). Peran dan kedudukan guru dalam masyarakat. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 26–37.

Rettob, A., & Ali, M. (2024). Perkembangan moral dalam pandangan Lawrence Kohlberg implikasih terhadap pendidikan. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12).

Ritonga, M. (2025). Tantangan dan solusi manajemen pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–40.

Sugianto, A., Qomariah, M. S., & Alisha, A. N. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam analisis profil gaya belajar siswa sebagai need assessment pembelajaran berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520–531.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (Tanpa Tahun). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmana, S. (2019). Perjanjian negara-negara ASEAN dalam pembentukan kawasan perdagangan bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area). Palar (Pakuan Law Review), 5(2).

Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. Pt. Pustaka Rizki Putra.

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: Membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah. Umsida Press.

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Deepublish.

Wibowo, A., & Others. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 14–20.

Yuniarsih, K., & Santosa, S. (2024). Peran guru dalam menanamkan karakter positif dalam bermedia sosial: Studi fenomenologi di jenjang SD/MI. Jurnal Perspektif, 17(1), 71–84.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Muthmainnah Choliq, Nadhilla Claryzha Sifana Dewi, Yulia Amanda Putri Hibatullah, & Zila Gustita. (2025). Urgensi Profesionalisme Guru sebagai Solusi Atas Krisis Moral dan Tantangan Pendidikan Era Global di Indonesia. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 3(3), 381–391. https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i3.2299