Penerapan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Authors

  • Ria Satini Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Asri Wahyuni Sari Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.676

Keywords:

Writing Skills, Drama Scripts, Audio Visual

Abstract

 This research aims to determine the benefits of audio-visual media in improving students' writing skills. This research uses an experimental design approach. The types of experimental research that refer to this research are Quasi Experimental Design involving 60 students of the Indonesian Language and Literature Education study program class of 2021. One class is for the control class and the other class is for the experimental class. The instruments used in this research were performance test questions for the pretest and performance test questions for the students' posttest. Apart from these research instruments, there are manual notes from lecturers and students, and photos of activities during the learning process. The methods used to analyze the data obtained are quantitative and qualitative. The results of the research show that the application of audio-visual learning media has an effect on the language drama script writing skills of PGRI University West Sumatra students. From the results of data analysis, it can be seen that the effectiveness of the treatment is in the high category.

 

Keywords: Writing Skills, Drama Scripts, Audio Visual

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan experimental design. Jenis-jenis penelitian eksperimen yang merujuk kepada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan melibatkan sebanyak 60 orang mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2021. Satu kelas untuk kelas kontrol dan satu kelas lainnya untuk kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes unjuk kerja untuk pretest dan soal tes unjuk kerja untuk posttest siswa. Selain instrumen penelitian tersebut dengan catatan manual dosen dan mahasiswa, dan foto kegiatan selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis naskah drama berbahasa mahasiswa Universitas PGRI Sumatera Barat. Dari hasil analisis data terlihat bahwa besaranya efektivitas treatment berada pada kategori tinggi.

 

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Naskah Drama, Audio Visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2015. Keterampilan menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kosasih. 2019. 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H J. 2002. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Satini, R., & Asri Wahyuni Sari. (2024). Penerapan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 342–348. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.676

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.