Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854Keywords:
Education, Technology, Transformation, Digital Era, LearningAbstract
The digital era has significantly transformed the face of education. The integration of technology in learning through digital devices, online platforms, and multimedia resources has created a dynamic learning environment and enriched the learning experience for students. However, its implementation faces challenges such as technology access gaps, lack of technology skills among educators, data privacy issues, curriculum alignment, and negative internet content. Collaboration among stakeholders is needed to address these challenges. Technology-based education offers opportunities for improving accessibility, flexibility, personalized learning, and innovative teaching methods. Interpreting the results of technology use in education is important to optimize its benefits and formulate effective implementation strategies according to diverse educational contexts.Downloads
References
Ahyati, A.I., Rizqiyah, N. and Herlambang, Y.T. (2024). ‘Urgensi Penguatan Etika Teknologi Sebagai upaya preventif TERHADAP Dampak negatif media sosial YouTube Shorts Bagi Siswa sekolah dasar’, UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), pp. 81–89. doi:10.30812/upgrade.v1i2.3722.
Amin, A. S. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Dampaknya terhadap perkembangan kognitif dan emosional siswa. JKPP (Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi), 1(1). https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.11
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Buchanan, R. (2011). Paradox, Promise and Public Pedagogy: Implications of the Federal Government’s Digital Education Revolution. Australian Journal of Teacher Education, 36(2). https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n2.6
Dinarti, N. S., Salsabila, S. R., & Herlambang, Y. T. (2024). Dilema Etika dan Moral dalam Era Digital: Pendekatan Aksiologi Teknologi terhadap Privasi Keamanan, dan Kejahatan Siber. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 8-16.
Ernawati, E., Iskandar, & Suryani, Y. (2022). Pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar dengan variabel moderator kecerdasan siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(2), 242. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.6023
Escueta, M., Quan, V., Nickow, A. J., & Oreopoulos, P. (2017). Education technology: An evidence-based review. NBER Working Paper No. 23744. https://doi.org/10.3386/w23744
Febrina, L. (2018). Pengaruh Pengetahuan Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMK Keuangan Pekanbaru Riau. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 2(3). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v2i3.292
Gamar Al Haddar. (2023). Pengembangan Keterampilan Digital melalui Pembelajaran Daring: Sebuah Eksplorasi Dampak. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 554–569. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.603
Hidayat, T. S., & Abdurrahman, L. (2023). KEAMANAN DAN PRIVASI TEKNOLOGI PEMBAYARAN DIGITAL PADA UMKM DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM BLOCKCHAIN HYPERLEDGER FABRIC. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 9(2). https://doi.org/10.33197/jitter.vol9.iss2.2023.1012
Hidayati, N. B., Syam, M., & Komariyah, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 133 - 142. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.558
Islami, D. S. G., Berliana, D. R. ., Hikmatunnisa’, I., & Prayudi, Y. . (2022). Penerapan Teknologi Informasi sebagai Penunjang Aktivitas pada Bidang Pemerintahan, Ekonomi Pembangunan, dan Pendidikan di Kapanewon Ngaglik. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 959–976. https://doi.org/10.54082/jamsi.360
Junaidi Abdul Rahman, & Ikhwan Noor Ikhsan. (2019). Rancang bangun sistem e-learning di Politeknik Hasnur berbasis web menggunakan framework CodeIgniter. PHASTI, 5(2), Oktober 2019. https:/doi.org/10.46365/pha.v5i02.343
Lara Sati, Wahdini Rohmah Jaelani, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN: SEBUAH TINJAUAN DALAM PERSPEKTIF FILOSOFIS. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(4), 57–67. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i4.1668
MARTINA, S., SIMANJUNTAK, E., & SIMANJUNTAK, N. (2020). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA/I KEPERAWATAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, MEDAN. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 71-78. https://doi.org/10.37676/jnph.v8i2.1189
Nuraini, F., & Wardhani, J. D. (2023). Hubungan Durasi Bermain Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2245-2256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4198
Paramita, C., Andono, P.N., Sudibyo, U., Rafrastara, F.A., & Supriyanto, C.S. (2023). Menavigasi Dunia Digital dengan Meningkatkan Literasi Office, TI, dan Internet di Kalangan Siswa-Siswi Pondok Pesantren Raudhatul Qur'an. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1338
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.
Pudyastuti, Z. E., Palandi, J. F., & Sar. N. (2024). Peningkatan kompetensi guru di era digital dalam penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi. DharmaNusantara: Jurnal Ilmiah Pemberdayaan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 31. https://doi.org/10.32664/dharma.v1i2.1157
Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329
Salsabila, H. ., Nurnazhiifa, K. ., & Herlambang, Y. T. . (2024). PENDIDIKAN & TEKNOLOGI: STUDI FILSAFAT DALAM PERSPEKTIF DON IHDE. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1604
Siahaan, R., Rajagukguk, H., Sianturi, B. M., Sihombing, S. Y., & Gultom, A. J. (2022). Penggunaan teknologi media pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi minat belajar siswa di SMP pada masa pandemi COVID-19. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 66-73. https://doi.org/10.29210/1202221929
Stp, M. F. R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dan Informasi Oleh Manusia: Tren Otomatisasi Di Sektor Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(3), 853–858. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1375
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.