Focus and Scope

Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Matematika adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi artikel penelitian, kajian teoretis, dan studi empiris di bidang pendidikan, bahasa, dan matematika. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, bahasa, dan matematika, serta mempromosikan penelitian yang berfokus pada inovasi pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dan dunia.


Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan

Bagian ini mencakup kajian tentang teori, metode, dan kebijakan dalam pendidikan, meliputi:

  • Teori dan filosofi pendidikan dalam konteks modern

  • Pengembangan kurikulum pendidikan untuk berbagai tingkat pendidikan

  • Metode dan strategi pembelajaran yang inovatif

  • Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan

  • Kebijakan pendidikan dan manajemen pendidikan

  • Teknologi pendidikan dan integrasi digital dalam pembelajaran


Ruang Lingkup Pendidikan Bahasa

Bagian ini berfokus pada penelitian dan praktik pengajaran bahasa, termasuk:

  • Pengajaran bahasa pertama dan bahasa kedua (termasuk bahasa asing)

  • Pengembangan keterampilan komunikasi dalam bahasa

  • Metode pengajaran bahasa yang efektif dan inovatif

  • Pengajaran literasi dan keterampilan membaca serta menulis

  • Pendidikan bahasa untuk keberagaman budaya dan multikulturalisme

  • Linguistik terapan dan aplikasi bahasa dalam konteks pendidikan


Ruang Lingkup Pendidikan Matematika

Bagian ini membahas penelitian dalam pendidikan matematika, yang mencakup:

  • Teori dan pendekatan dalam pendidikan matematika

  • Pengembangan kurikulum matematika untuk berbagai tingkat pendidikan

  • Metode pembelajaran matematika yang efektif

  • Pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dan pembelajaran kontekstual

  • Penerapan teknologi dalam pendidikan matematika

  • Pendidikan matematika untuk pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis


Ruang Lingkup Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan, Bahasa, dan Matematika

Bagian ini mengkaji inovasi dalam pengajaran di bidang pendidikan, bahasa, dan matematika, termasuk:

  • Penggunaan teknologi dan media digital dalam pembelajaran

  • Pembelajaran berbasis proyek dan eksperimen dalam ilmu pendidikan, bahasa, dan matematika

  • Inovasi dalam penilaian dan evaluasi hasil belajar

  • Pembelajaran berbasis masalah dan keterampilan abad ke-21

  • Penerapan teori konstruktivisme dalam pendidikan

  • Pengembangan sumber daya pendidikan yang berbasis teknologi