Penggunaan Media Quizizz dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas 3 MI Salafiyah 1 Kauman

Authors

  • I’anatul Ashriyah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Umi Mahmudah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1528

Keywords:

Quizizz Media, Learning Media, Interest in Learning

Abstract

The aim of this research is to determine the use of Quizizz media in increasing students' interest in learning about the characteristics of living things. This research method uses qualitative methods. The population and participants in this research were grade 3 students at MI Salafiyah 1 Kauman. The results of this research are concluded by an increase in students' interest in learning after using Quizizz as a learning medium. This can be seen from the results of questionnaires and interviews where students are happier and more enthusiastic about learning using Quizizz media. Based on the results of observations of student learning activities, there was an increase in learning, namely 75% and categorized as very good, while the results of student tests showed that out of 36 students, 32 students completed it. With these results, it can be shown that Quizizz media is indeed an effective medium for increasing students' interest in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaizal, F. F., Rulviana, V., & Retnowati, A. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 320-331.

Annisa, A. F., Anwar, M., & Borahima, B. (2023). Penerapan Model Discovery Learning (DL) berbantuan Media Quizizz untuk Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 985-992.

Cecep Abdul Cholik, PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI / ICT DALAM BERBAGAI BIDANG, Jurnal Fakultas Teknik Vol. 2 No. 2 Mei 2021

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fitriani Djollong, Andi. (2022). Konsep Manajemen Pendidikan (Book Chapter, Manajemen Pendidikan dalam rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia). Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170.

Laela, K. V., Fatih, M., & Wafa, K. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Permainan Sudoku Kata Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri Sawentar 04 Kanigoro Blitar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1619-1630.

Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198.

Magdalena, I., Roshita, R., Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. PENSA, 3(2), 334-346.

Maspupah, A., & Wulan, S.R. (2021). Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Fitur Lesson Quizizz. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6).

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.

Nikmah, H., Siskawati, F. S., & Mahmudah, M. (2024). Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perbandingan Di SMP 01 ISLAM JEMBER. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(2), 133-138.

Nopriansyah, U., & Ismanuar, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 1-15.

Nur Saqinah Galugu, Hadi Pajarianto, Bahraini. (2021) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: deepublish.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66.

Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.

Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56-63.

Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86.

Rohmah, N. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Media Quizizz. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(1), 53-68.

Sagala, I. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Akuntansi. Journal on Education, 5(4), 14338-14348.

Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2 (2), 103– 112.

Sofyan, A., & Febriyani, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 40-48.

Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

I’anatul Ashriyah, & Umi Mahmudah. (2024). Penggunaan Media Quizizz dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas 3 MI Salafiyah 1 Kauman. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 170–183. https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1528

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.