Strategi Pembelajaran True Or False Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.61132/nakula.v3i2.1630Keywords:
Learning Outcomes, Learning Strategies, True or FalseAbstract
This research aims to improve student learning outcomes by using a true or false strategy. This type of research is classroom action research. Data collection techniques use observation, documentation, interviews and tests. The data analysis technique uses quantitative data analysis with simple statistics and classroom action research procedures using 2 cycles of the Kurtlewin model. This research was able to obtain learning results in cycle I of 58.33%. After reflection, learning activities in cycle II became 83.33%, resulting in an increase of 25%. Then, the percentage of students who completed cycle I was 59.02% and students who completed cycle II was 77.08%, resulting in an increase of 18.06%.
Downloads
References
Arifin, M. (2023). Meningkatkan hasil belajar materi makanan dan minuman halal dan haram melalui strategi True or false. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 2001–2010.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2015). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Kadir, W. A. (2022). Optimalisasi hasil belajar IPA peserta didik melalui strategi pembelajaran active learning tipe True or false di kelas VIII SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Majid, A., & Andayani, D. (2006). Pendidikan agama Islam berbasis kompetensi: Konsep dan implementasi kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2006). Kurikulum yang disempurnakan: Pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar. PT. Remaja Rosdakarya.
Nadilla. (2021). Penerapan strategi True or false dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah DDI Tuppu Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Nurhayati, E., & Ahsani, L. (2020). Meningkatkan hasil belajar persamaan dan fungsi kuadrat melalui model problem based learning dengan kartu True or false. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 385–391.
Nurhayati, N. (2017). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IVA dalam pembelajaran PAI dengan strategi True or false di SD Negeri 21 Batang Anai. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 30–43.
Pransisca, M. A., & Gazali, M. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode True or false. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1(2), 138–150.
Rahim, A. (2022). Penerapan strategi True or false mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2, 1888–1901.
Septianti, R. I. P. (2018). Pengaruh strategi True or false dengan hasil belajar matematika kelas IV MI Al Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Silberman, M. L. (2011). Active learning. Nusamedia.
Sudijono, A. (2010). Pengantar statistik pendidikan. Rajawali Pers.
Suriati, S. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe True or false untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas VII. 1 SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–83.
Tusyadiah, H. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran True or false berbantu media papan putar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Usman, M. U. (2008). Menjadi guru profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.