Pengaruh Penggunaan Media Peta Buta Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 46 Pekanbaru

Authors

  • Trisastia Wani UIN Suska Riau
  • Sakilah Sakilah UIN Suska Riau
  • Devi Arisanti UIN Suska Riau
  • Alimuddin Alimuddin UIN Suska Riau
  • Wardani Purnamasari UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1809

Keywords:

Blind Map Learning Media, Learning Achievement, Social Science

Abstract

This study examined the effect of using Blind Map media on student learning outcomes in Social Science subjects at State 46 Pekanbaru Junior High School. Due to the low level of achievement and understanding of the material, this study used a quantitative experimental approach. Approximately 80 seventh grade students were purposively identified, with grades E and D as the experimental and control groups respectively. The results showed that there was a significant effect of the Blind Map media on learning outcomes, with t observation = 24.670 > t table = 0.304 and t observation = 24.670 > t table = 0.304, indicating the rejection of H₀. The effect size of 2.859 indicates a slow rate of change, suggesting that increased use of the Blind Map media can improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani Melly(2023) Pengaruh penggunaan media peta buta terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips kelas iv sd, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Volum 8 Nomor 2.

Eni Sugiarti (2000) Classroom Action Research. Depdiknas. Jakarta.

Erni Sukma, Putri Bela (2020) Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Pekanbaru Melalui Strategi Sentence Journal. Vol. 37, No.2.

Fajr Nurul Sheila, (2018) Peningkatan Hasil Pembelajaran Ips Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Peta Buta Berbasis Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V Sd, Jurnal Sekolah, Vol. 3 (1) Desember.

Hidayatullah (2019)Penelitian Tindakan Kelas, (Lebak Banten: LKP Setia Budhi)

Karwati (2014) Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung :Alfabeta.

leo Yohanes, dkk (2020) Game Edukasi Pengenalan Peta Buta Benua Asia Berbasis Android, Information System Development, Volume 5 No. 2.

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal (GEEJ).

Mukhlisin (2014) Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Perolehan Konsep (Concept Attainment) Siswa Kelas V MI Roudlotul Muta’allimin Putat Lor Menganti Gresik.

Mulyasa, 2015. Pengembangan dan Implemetasi Kurrikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Naemah. (2018). peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media pembelajaran peta buta Sekolah PGSD, vol 3.

Nurrahma. (2018) Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhdap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Bandung : Universitas Pasundan.

Setiawan Ebta (2024) “Kamus”. KBBI Daring Edisi III, 2012. WEB.

Slameto (2010) Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. (2013) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono (2017)Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta)

Sukandarrumidi, 2011. Peta Geologi Lembar Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Sulaiman. (1998) Media Audio Visual, (Jakarta:Gramedia)

Sumartono (2014) Wawancara guru IPS di SMP N Negeri 46 Pekanbaru

Sutanto, 1990. Konsep-konsep esensial Geografi dan Penerapannya Dalam Pendidikan Geografi : Malang.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Trisastia Wani, Sakilah Sakilah, Devi Arisanti, Alimuddin Alimuddin, & Wardani Purnamasari. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Peta Buta Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 46 Pekanbaru. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(3), 156–170. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1809

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.