Peningkatan Literasi Digital dalam Penggunaan Google Forms Pada Warga Kelurahan Pasarbatang Brebes
DOI:
https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.1158Keywords:
Enhancement, Digital Literacy, Google FormsAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Peningkatan Literasi Digital dalam Penggunaan Google Forms pada Warga Kelurahan Pasarbatang Brebes" bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital warga dalam memanfaatkan teknologi informasi, khususnya aplikasi Google Forms. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya literasi digital di kalangan warga, yang mengakibatkan minimnya pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Program ini melibatkan serangkaian pelatihan praktis yang dirancang untuk memperkenalkan dasar-dasar penggunaan Google Forms, mulai dari pembuatan akun, pembuatan formulir, hingga analisis data yang diperoleh melalui formulir tersebut. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung yang dipandu oleh tim pengabdian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan warga dalam menggunakan Google Forms untuk berbagai keperluan, seperti survei, pendaftaran acara, dan pengumpulan data. Program ini berhasil meningkatkan literasi digital warga Kelurahan Pasarbatang Brebes, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas hidup dan efisiensi kerja masyarakat setempat.
Downloads
References
Adelia, Miftahurrahmah, Nurpathonah, Zaindanu, Y., & Ihsan, M. T. (2021). The role of google form as an assessment tool in ELT: Critical review of the literature. Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 58–66. Retrieved from https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i1.49
Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2811
Fitriani, F., Yulis, P. A. R., Nurhuda, N., Sukarni, S., Gunita, A., & Cholijah, S. (2023). Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 140. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6536
Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). Analisis Penerapan Literasi Digital Dalam Aktivitas Pembelajaran Daring Mahasiswa. JILSAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 6(2), 439–448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784
Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307–314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
https://kel-pasarbatang-brebes.com/. (2023). https://kel-pasarbatang-brebes.com/. Retrieved from https://kel-pasarbatang-brebes.com/potensi-umkm/
Irham Akbar, M., & Rezza Fahlevvi, M. (2023). Cegah Penyebaran Misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.61124/1.renata.2
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240
Kurniasih, W. (n.d.). Pengertian Literasi Digital : Komponen, Manfaat dan Upaya Peningkatan”. Retrieved from https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-literasi-digital/#Pengertian_Literasi_Digital
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5245
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. In Perspektif (Vol. 1). Nas Media Pustaka. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347–354. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456
Rizal, M., Syihabuddin, S., & Mad‘ali, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), 199–213. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.77
Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Rahani, F. A.-N., Azzahra, N. I., Mukarromah, S., Yulianti, Y., & Wulandari. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. Jurnal Implementasi, 1 (2)(2), 162–168. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/60
Yahya, I. M. (2019). Skripsi:“Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa SMA Negeri 1 Mayong.” Semarang: UNNES. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?q=Yahya%2C+Irsyad+Maulana.%282019%29.+Literasi+Digital+sebagai+Strategi+Peningkatan+Kompetensi+Digital+pada+Siswa+SMA+Negeri+1+Mayong&hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2019&as_yhi=2024
Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Form bagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Publikasi Pendidikan, 10(3), 182. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.