Analisis Implementasi dan Tantangan Kurikulum Merdeka bagi Guru di SDN 101766 Bandar Setia

Authors

  • Nur Kibah Mandasari Universitas Negeri Medan
  • Nur Maisaroh Harahap Universitas Negeri Medan
  • Ananda Putri Humayroh Universitas Negeri Medan
  • Suci Salsabila Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i2.1687

Keywords:

Challenges, Education, Implementation, Merdeka Curriculum, Strategies

Abstract

The Merdeka Curriculum provides flexibility for schools to design more innovative and independent learning. However, its implementation faces challenges such as limited facilities, teacher readiness, and policy disparities. This study analyzes these challenges using a literature review method. The results indicate that the success of the Merdeka Curriculum depends on teacher training, technological support, and collaboration between schools, parents, and the government.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astalini, A., Maison, M., & Ikhlas, M. (2018). Pengembangan instrumen sikap mahasiswa terhadap mata kuliah fisika matematika. Edusains, 10(1), 23-30.

Darmawan, D., & Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 4(2), 182-197.

Fadhilah, F. N., Setiawan, A., & Prasetyo, H. (2024). Tantangan dan rekomendasi dalam implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka untuk optimalisasi pendidikan di Indonesia. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(7), 55-65.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 2322-2336.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.

Karlina, S., Khoirany, N. S., Nurantika, R., Rahmani, S. N., Nurjamilah, S., & Rahman, A. S. (2024). Tantangan guru dan siswa dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 172-179.

Mulyadi, S. (2023). Dampak implementasi Kurikulum Merdeka terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 145-157.

Nugroho, R., & Prasetyo, B. (2023). Evaluasi efektivitas Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Kajian Pendidikan, 8(1), 88-99.

Riyanto, Y. (2019). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan peluang membangun pendidikan di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 30-36.

Santoso, H., & Lestari, P. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 210-225.

Suhendra, D., & Ramadhani, F. (2023). Strategi adaptasi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah pedesaan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 99-110.

Tanggur, F. S. (2023). Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru sekolah dasar di wilayah pedesaan Pulau Sumba. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 23-29.

Transita, P. (2024). Pengembangan kompetensi guru untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182-2191.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-9.

Zed, M. (2003). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-03-22

How to Cite

Nur Kibah Mandasari, Nur Maisaroh Harahap, Ananda Putri Humayroh, & Suci Salsabila. (2025). Analisis Implementasi dan Tantangan Kurikulum Merdeka bagi Guru di SDN 101766 Bandar Setia. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i2.1687

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.