Permainan Tradisional “Pancasila Lima Dasar” untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Siswa Tunagrahita

Authors

  • Ratri wikaningtyas Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Martselani Adias Sabara Politeknik Harapan Bersama Tegal

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.214

Keywords:

Traditional games, language skills, social interaction, mentally retarded

Abstract

This research was motivated by the lack of language skills and social interaction among students with intellectual disabilities. Apart from that, it is to reintroduce traditional games to millennial generation children. This research is classroom action research with two cycles. From the research results, there was an increase in cycle II. With each average percentage, cycle I got a result of 64.70665 and cycle II got a result of 88.15999.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. G., & Prawini, I. G. A. P. 2017.

Efektivitas Aktivitas Pembelajaran Mengomunikasikan Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Dimensi Proses Kognitif. International Journal of Elementary Education., 1, 180-188.

Bambang Yulianto. 2008. Aspek Kebahasaan

dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University press.

Buadanani. 2022. Upaya Meningkatkan Kosa

Kata pada Anak Usia Dini

melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 3 (2022) Pages 2067-2077.

Eni Winarsih.2018. Permainan Tradisional

“engkling” Untuk meningkatkan

Keterampilan Interaksi Sosial dan Sarana Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Madiun.Jurnal Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Madiun.

Ilhami, B. S., & Khaironi, M. 2018.

Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59.

Irmawati, H., & Surahman, S. (n.d.).2018.

Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini. Anak Usia Dini, 10.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. 2017.

Media Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ortopedagogia, 3(2), 109-113.

Novianto, A. W. 2018. Penerapan Permainan

Tradisional (Benteng) Dalam pembentukan Karakter Anak di Desa Yosodadi Metro Timur [Skripsi. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Negeri, Metro].

Purwanto, N.2018. Prinsip-prinsip & Teknik

Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Restu Aji, 2021. Peningkatan Keterampilan

Berbicara Bahasa Indonesia Subtema kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Indonesia Gender and Society Journal. Vol.2 No.1.

Rida, N., Siregar, S., & Simatupang, D. 2020. Pengaruh Kegiatan Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Bunga Rampai Usia Emas, 6(2), 23–28.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Ratri wikaningtyas, & Martselani Adias Sabara. (2023). Permainan Tradisional “Pancasila Lima Dasar” untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 48–52. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.214