Permainan Tradisional “Pancasila Lima Dasar” untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Siswa Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.214Keywords:
Traditional games, language skills, social interaction, mentally retardedAbstract
This research was motivated by the lack of language skills and social interaction among students with intellectual disabilities. Apart from that, it is to reintroduce traditional games to millennial generation children. This research is classroom action research with two cycles. From the research results, there was an increase in cycle II. With each average percentage, cycle I got a result of 64.70665 and cycle II got a result of 88.15999.
Downloads
References
Agung, A. A. G., & Prawini, I. G. A. P. 2017.
Efektivitas Aktivitas Pembelajaran Mengomunikasikan Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Dimensi Proses Kognitif. International Journal of Elementary Education., 1, 180-188.
Bambang Yulianto. 2008. Aspek Kebahasaan
dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University press.
Buadanani. 2022. Upaya Meningkatkan Kosa
Kata pada Anak Usia Dini
melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 3 (2022) Pages 2067-2077.
Eni Winarsih.2018. Permainan Tradisional
“engkling” Untuk meningkatkan
Keterampilan Interaksi Sosial dan Sarana Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Madiun.Jurnal Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Madiun.
Ilhami, B. S., & Khaironi, M. 2018.
Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59.
Irmawati, H., & Surahman, S. (n.d.).2018.
Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini. Anak Usia Dini, 10.
Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. 2017.
Media Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ortopedagogia, 3(2), 109-113.
Novianto, A. W. 2018. Penerapan Permainan
Tradisional (Benteng) Dalam pembentukan Karakter Anak di Desa Yosodadi Metro Timur [Skripsi. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Negeri, Metro].
Purwanto, N.2018. Prinsip-prinsip & Teknik
Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Restu Aji, 2021. Peningkatan Keterampilan
Berbicara Bahasa Indonesia Subtema kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Indonesia Gender and Society Journal. Vol.2 No.1.
Rida, N., Siregar, S., & Simatupang, D. 2020. Pengaruh Kegiatan Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Bunga Rampai Usia Emas, 6(2), 23–28.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.