Analisis Kalimat Efektif pada Teks Opini Tema “Pendidikan” dalam Website melintas.id Edisi 2025 sebagai Sumber Bacaan Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i4.2407Keywords:
Education, Effective Sentences, Ineffective Sentences, Opinion TextOpinion Text, WritingWritingAbstract
Effective sentences are sentences that can convey messages or information in a concise, clear, and complete way, without changing the purpose and meaning. Utilizing effective sentences makes it easier for readers and listeners to grasp the meaning of the sentences conveyed. If you use ineffective sentences, the information you want to communicate will be difficult for readers or listeners to understand. Effective sentences can reduce unnecessary words, resulting in coherent sentences without presenting redundant information. This research aims to analyze the text of the use of ineffective sentences in opinion texts on the cross.id page regarding education and assess how well a sentence in an opinion text is able to convey the message of the author nicely. The method used in this writing uses a descriptive research method with a qualitative approach by applying, reading the and note-taking techniques. In analyzing the data, it uses literature study techniques sourced from scientific journals. While the data presentation technique uses tables. This research requires scientific journals and laptops. This study produces several ineffective sentences, witch was stand are classified into 3, namely 18 sentences of writing errors, 12 sentences of punctuation inaccuracy, and 1 sentence of capitalization inaccuracy. This study is useful as a guideline in writing effective sentences, besides that, recoders can pay more attention to the paper on effective sentences.
Downloads
References
Agustin, L., Thomas, V. F., Ummi, M., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis kalimat berdasarkan tata bahasa struktural dalam cerita pendek berjudul Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138–152. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119
Aini, E. N., Purwo, A., & Utomo, Y. (2021). Analisis tindak tutur lokusi dalam video “Jangan Lelah Belajar_ B. J. Habibie” pada saluran YouTube Sang Inspirasi. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Unpam, 1(2), 11–20. https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10809
Aribuma, A., Amalina, A., Listiani, E., Maulana, S., Utomo, P., Kesuma, R., & Astuti, T. (2024). Analisis kesalahan berbahasa teks berita pada artikel Kompas edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis dengan menggunakan berbagai media. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1727
CP, D. A. W., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis frasa verba pada teks berita BBC.com berjudul Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19: Masa kampanye dimulai, cara tatap muka tetap dinilai paling efektif. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 7(1), 92–103. https://doi.org/10.30738/caraka.v7i1.8868
Enggarwati, A., & Utomo, A. P. (2021). Fungsi, peran, dan kategori sintaksis bahasa Indonesia dalam kalimat berita dan kalimat seruan pada naskah pidato Bung Karno 17 Agustus 1945. Estetik: Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 37–54. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209
Fahma, A., Pratiwi, A., & Utomo, A. P. (2018). Kesalahan penulisan dalam kalimat teks opini: Analisis pada media sosial. Jurnal Linguistik dan Sastra, 14(2), 121–135.
Puspitasari, Y. (2014). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia: Penggunaan tanda baca. Jakarta: Balai Pustaka.
Fitriana, M., Fatmasari, D., Munadziroh, A. H., Trias, E. S. S., Utomo, A. P. Y., & Fathurohman, I. (2023). Analisis kalimat efektif dalam teks pidato pada buku Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 97–110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149
Kusmiadi, S. (2023). Pengertian dan penggunaan huruf kapital dalam bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumaningrum, L., Hidayah, S., Rhamadhan, A., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. (2023). Fungsi, kategori, dan peran sintaksis bahasa Indonesia dalam kalimat efektif teks cerita anak yang berjudul Berbeda Itu Tak Apa pada buku ajar Bahasa Indonesia kelas satu sekolah dasar kurikulum merdeka. Student Research Journal, 1(2), 372–383. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i2.360
Kridalaksana, H. (2002). Sistematika tata bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sutarma, I. G. P., Jendra, I. W., & Sadiyani, N. W. (2023). Analisis keefektifan kalimat bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Riset Linguistik dan Pengajaran Bahasa (SENARILIP VII). Politeknik Negeri Bali. https://doi.org/10.31940/senarilip.v5i1.128-137
Darmayanti, I. A. M., Gotama, P. A. P., Kami, K., Sukrin, Suandi, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Analisis penggunaan kalimat efektif dalam teks berita: Kajian tata bahasa taksonomi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1), 62–72. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.70458
Rahmawati, Y., & Utomo, W. T. (2023). Kesalahan kalimat efektif pada surat kabar Tribun Jogja. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 80–94. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v11i2.3034
Ratnafuri, N. I., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis frasa endosentrik pada opini Stop Melodrama surat kabar Media Indonesia edisi 21 September 2020. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 16(2), 168–178. https://doi.org/10.26499/loa.v16i2.3276
Riswati. (2015). Penggunaan kalimat efektif dalam karya tulis ilmiah mahasiswa. Riksa Bahasa, 1(2), 221–227.
Permatananda, P. A. N. K. (2022). Membangun karakter mahasiswa kedokteran Universitas Warmadewa melalui “Sapta Bayu” spirit Sri Kesari Warmadewa. Jurnal Education and Development, 10(2), 1–4.
Trismanto, T. (2016). Kalimat efektif dalam berkomunikasi. Bangun Rekaprima, 2(1), 3–12. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v2i1.708
Zulfadhli, M., Hamdani, H., & Lakawa, A. R. (2022). Analysis of the students’ ability of effective sentence writing at Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Geram: Gerakan Aktif Menulis, 10(2), 42–51. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10650
Mardi, M., Putri, D. E., Ramayeni, S., Harlita, Yasmanelly, Nurmaini, & Roza, W. (2025). Problematik penggunaan kalimat efektif dalam berita. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.47709/jpsk.v5i01.5433
Fitriana, M. M., Fatmasari, D., Munadziroh, A. H., Asmaning Trias, E. S. S., Utomo, A. P. Y., & Fathurohman, I. (2023). Analisis kalimat efektif dalam teks pidato pada buku Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 1(3), 97–110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3
Putri, E., Anggraini, T. R., & Permanasari, D. (2022). Pemakaian kalimat efektif pada tajuk rencana Harian Umum Lampung Post edisi Januari 2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bandar Lampung. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/
Hawae, M., Setiadi, D., & Agustiani, T. (2023). Problematika penggunaan kalimat efektif bahasa Indonesia pada mahasiswa Patani di Purwokerto. Jurnal Utile, 11(1), 47–61. https://doi.org/10.37150/jut.v9i1.2058
Budianto, D. (2019). Analisis kesalahan tanda baca dan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam karangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Alislam Kota Bengkulu [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri]. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i1.508
Fahma, A. I., Cholissodin, I., & Perdana, R. S. (2018). Identifikasi kesalahan penulisan kata (typographical error) pada dokumen berbahasa Indonesia menggunakan metode N-gram dan Levenshtein distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(1), 53–62. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/690
Fitriana, M., Fatmasari, D., Munadziroh, A., Trias, E., Utomo, A., & Fathurohman, I. (2023). Analisis kalimat efektif dalam teks pidato pada buku Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum merdeka. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 97–110. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i3.149
Setiani, H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis kata tugas pada artikel opini Melestarikan Budaya, Memandirikan Warga oleh Musonif Fadli dalam surat kabar JawaPos. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 103–119. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.104
Hasrianti, A. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan peserta didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Hastuti, T. M., Ningrum, A., Viani, T., Chairunnisa, S., Asyam, M., Utomo, A. P. Y., & Rujiani. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada cerpen Badai yang Reda dan Hutan Merah karya Fauzia sebagai kelayakan bahan ajar membaca intensif mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Protasis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.55606/protasis.v3i2.161
Kusmiadi, K. (2023). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada siswa kelas V SD Negeri 46 Rejang Lebong tahun pelajaran 2021–2022. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 52–65. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1540
Laila, F. N., Aprilia, N., Purweni, A., Utomo, A. P. Y., & Pramono. (2023). Analisis kalimat fakta dan opini dalam teks artikel pada buku IPS kelas X SMA kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(2), 157–172. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.294
Mardhiyyah, L. (2014). S_PAUD_0804441_Chapter3.
Maulidiya. (2017). Metode penelitian kualitatif.
Mitrakoesoema, N. (2019). Kepemimpinan dalam upaya meningkatkan motivasi karyawan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jakarta. Metode Penelitian, 32–41.
Najwa, F. T. U., Utomo, A. P. Y., Buono, S. A., & Sabrina, N. I. (2022). Analisis kesalahan sintaksis pada cerpen berjudul Warisan untuk Doni karya Putu Ayub. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88–101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120
Parto. (2020). Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 167–179.
Prakoso, W. B., Novelianto, Y. E., Rohmah, J., Rahma, A., Sania, A., Azzahra, W. S., Purwo, A., Utomo, Y., & Wulan, A. N. (2024). Analisis kualitas isi dan kalimat efektif pada teks opini dalam website Taulebih edisi Desember 2023 sebagai literasi edukasi pendidikan seksualitas dan kesehatan reproduksi berdasarkan nilai agama. Blaze: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.59841/blaze.v2i4.1871
Puspitasari, Y. (2014). Analisis kesalahan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 20–24. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25471
Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa sekolah dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2), 3995–4001. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3055
Safinda, F., Oktaviani, N. A., Setiawati, A., Safitri, D. L., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2023). Analisis kalimat tidak efektif pada buku panduan capaian pembelajaran elemen jati diri untuk pengajar PAUD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(2), 173–189. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.295
Setiyani, A. F., & Utomo, A. P. Y. (2024). Analisis keefektifan kalimat pada teks berita artikel CNN Indonesia mengenai pemilu edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas IX SMP. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1727
Setiyani, A. F., Putra, A. I. P., Aprilia, C., Lestari, N. P. D., Ningrum, S. C., Utomo, A. P. Y., & Darmawan, R. I. (2024). Analisis keefektifan kalimat pada teks berita artikel CNN Indonesia mengenai pemilu edisi Februari 2024 sebagai kelayakan bahan ajar membaca kritis siswa kelas IX SMP. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 265–287. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1077
Tampubolon, M. (2023). Metode penelitian kualitatif. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB%20III.pdf
Utomo, A. P. Y., Fahmy, H. Z., & Indramayu, A. (2019). Kesalahan bahasa pada manuskrip artikel mahasiswa di Jurnal Sastra Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 234–241. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/36028
Widianto, N. A., Putri, R. A., Juniar, A. D., Utami, R. P., Ahammi, F., Purwo, A., & Utomo, Y. (2024). Tingkat keterbacaan dan keefektifan kalimat pada teks narasi sebagai bahan ajar membaca pemahaman di buku narasi literasi Bahasa Indonesia kelas IX. Semantik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1080
Winanti, S., & Aulia, H. R. (2022). Kalimat efektif dalam sari skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pekalongan tahun 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 297–308. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/1014
Yuda, A. (2022). Pengertian kalimat efektif menurut para ahli, syarat, ciri, unsur, dan contohnya. Bola.com. https://www.bola.com/ragam/read/4976456/pengertian-kalimat-efektif-menurut-para-ahli-syarat-ciri-unsur-dan-contohnya?page=6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.