Kajian Unsur Intrinsik Dalam Komik How To Fight Karya Park Tae-Jun

Authors

  • Levi Al Kausar MTs Hidayatul Insan Palangka Raya
  • Siti Muslimah MTsN 1 Kapuas Kalimantan Tengah
  • Ruliyani Ruliyani SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya
  • Anwarsani Anwarsani SLBN-1 Palangka Raya
  • Siti Rahmawati SLBN-1 Palangka Raya
  • Nabila Salwa SMK Karsa Mulya Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.631

Keywords:

study, intrinsic elements, comics, and How To Fight

Abstract

Hobin is a teenager who was initially considered weak and often became a victim of bullying at school because of his poor physical condition. Hobin's life changes began when he discovered the Newtube channel which provided fighting guides. Hobin utilizes this platform to create his personal fighting content, not only as entertainment, but also as a means of positive change in his life. His decision received a positive response, bringing significant changes to his popularity and resulting in impressive physical and mental growth. This article aims to conduct a study of the intrinsic elements of this comic, exploring aspects of character development, storyline, and moral message, especially through Hobin's journey of transformation, which creates a strong basis for an in-depth study of the comic "How To Fight" by Park Tae Jun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Kausar, L. (2024). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Komik Solo Leveling Karya Chu-Gong. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(1), 228-238.

Aziz, A. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Dalam Komik Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 1-6.

Aziz, A., & Misnawati, M. (2022, July). Nilai Budaya Komik Bulan Terbelah di Langit Amerika oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo (Vol. 2, No. 2).

Fiyani, M. (2022, December). Nilai Sosial dan Nilai Moral dalam Komik Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 209-246).

Ginting, S. M. B., Misnawati, M., Perdana, I., & Handayani, P. (2022, May). Obsesi tokoh dalam Komik Guru Aini Karya Andrea Hirata serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 13-26).

https://www.webtoons.com/id/action/how-to-fight/list?title_no=1992&page=20 (Diakses 1 Januari 2024)

Ismanto, I., & Purnomo, A. B. (2024). Kekerasan Terhadap Perempuan dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Komik Bak Rambut Dibelah Tujuh Karya Muh. Makhdlori Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 228-239.

Lumbanraja, T., Nurachmana, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., & Lestariningtyas, S. R. (2023, April). KAJIAN Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Komik Trauma Karya Boy Candra, Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 194-203).

Marbun, A. O. M., Silaban, E. M., Sidabutar, N. R., & Lubis, F. (2023). KAJIAN STRUKTURAL PADA KOMIK “CRYING WINTER (MUSIM DINGIN YANG MEMILUKAN)” KARYA MELL SHALILA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 145-153.

Melinda, M., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Big Brother Karya Kam Ka-Wai. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 201-219.

Misnawati, M. (2023). Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya: Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 185-193.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.

Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53).

Putri, F. A., Nasution, K. Z., Lubis, S. H., & Lubis, F. (2023). KAJIAN Penggunaan Majas yang Terkandung Dalama Cerpen Berjudul “Patah dan Rasa yang Berdarah” Karya Niam Khurotul Asma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 300-306.

Rosita, I., Syahadah, D., Nuryeni, N., Muawanah, H., & Sari, Y. (2022, May). KAJIAN Wacana Kohesi Gramatikal Referensi Endofora Dalam Sebuah Cerpen “Aku Cinta Ummi Karena Allah” Karya Jenny Ervina. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 179-191).

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif untuk Menjadi Penulis Cerpen yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244.

Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). Model Terpadu Buku Cerita Rakyat, Ungkapan dan Peribahasa Berbahasa Dayak Ngaju-Indonesia untuk Sekolah Dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213.

Saputra, N., Misnawati, M., Muslimah, S., Anwarsani, A., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). KAJIAN Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 33-51.

Tohang, V. M., Poerwadi, P., Purwaka, A., Linarto, L., & Misnawati, M. (2023). Campur Kode Dalam Percakapan Komunitas Mahasiswa Di Asrama Lamandau Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Cerpen Siswa SMA Kelas XI. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 153-168.

Tritia, A., Poerwadi, P., Diman, P., Hidayat, N., & Mariani, M. (2022, May). Reduplikasi Bahasa Dayak Ngaju Dalam Cerita-Cerita Tambun dan Bungai Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 27-45).

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Levi Al Kausar, Siti Muslimah, Ruliyani Ruliyani, Anwarsani Anwarsani, Siti Rahmawati, & Nabila Salwa. (2024). Kajian Unsur Intrinsik Dalam Komik How To Fight Karya Park Tae-Jun. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 329–341. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.631

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.