Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kemampuan Berbicara Kelas 3 MIN 3 Kepulauan Selayar

Authors

  • Elsa Krisnawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1217

Keywords:

role playing, speaking skills, learning methods

Abstract

The main problem in this research is how the application of the role playing method affects the learning outcomes of speaking skills for class III MIN 3 Selayar Islands. This research aims to determine the effect of applying the role-playing method on the speaking skills learning outcomes for class III MIN 3 Selayar Islands. This research uses a quantitative approach with an experimental type of research, meaning the experimental method is to study the influence of certain variables on other variables, through trials. under specially created conditions. To analyze the data that will be obtained from the research results, descriptive and inferential statistical analysis will be used. The data collected in the form of pretest scores and posttest scores were then compared. The results of the research show that Ho is rejected and H1 is accepted, meaning that there is an influence of the use of the role-playing method on the speaking ability of Class 3 MIN 3 Selayar Islands students. The test results show that there are differences in scores in students' speaking abilities before and after learning the role-playing method. The average value of students before and after using different role playing methods.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Akasara. Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad, Maida G. Dan Mukti U.S. 2020. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Bandung: Angkasa. Hernawan, A.H. dkk.2017. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Bandung: UPI PRESS.

Burhan Nurgiyantoro. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Darmiyati Zuhdi. 2019. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. 2007. Standar Pendidikan Siswa Usia Dini. Jakarta: Proyek Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58.

Dimyati dan Mudjino. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri., & Zain, Aswan.2010.Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Djago Tarigan. 2017. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Depdikbud

Fathurrohman, P.,& Sutikno, S.2020.Startegi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hafid, Anwar. 2018. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: ALFABETA, cv. Henry Guntur Tarigan. 2018. Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa.

Indihadi, Dian. 2019. Pembinaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kelima, 2022. Edisi Kamus Online Saddhono & Slamet. 2018. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustafa Kamal Ali. 2019. Skripsi Penggunaan Metode Role Playing Berbantu Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Noor, Juliansyah. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group. Oktarina & Wilkin. 2018. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia Purwanto, Ngalim.2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur Fadillah Andi. 2020. Skripsi Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) Murid Kelas V SD Inpres Panaikang 1/1 Kecamatan Psiswaukang Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Oktaviani. 2017. Skripsi Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar pada Tema 9 Subtema 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Resmini, N. dkk.2019. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Roestiyah, N.K.2021. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2020. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada Sanjaya Yasin. 2021. Keterampilan Berbahasa ǀ Pengertian, Jenis. Diakses dari http://www.sarjsiswau.com/2011/08/keterampilan-berbahasa.html

Satria. 2018. Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. Diakses dari http://id.shvoong.com/business-management /human-resources/2197108- pengertian-keterampilan-dan-jenisnya/

Slameto. 2018. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Sudjana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Solchan, dkk. 2018. Materi Poko Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2014. Metode dan Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta. Sukatmi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Media Gambar. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Sumadi Suryabrata. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sutedi. 2019. Jenis Penelitian. Jakarta: Sinar Grafika

Tarigon, Guntur Henry. 2018. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Uno, Hamzah, B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasin, 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah

Yudha, M Saputra dan Rudhyanto. 2015. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa TK. Jakarta: Depdiknas. http://jurnalnya-andre.blogspot.co.id/2013/11/jenis-dan-desain-penelitian.html 20/01/2017 02:19

Published

2024-08-25

How to Cite

Elsa Krisnawati, Muh. Akhir, & Sri Rahayu. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kemampuan Berbicara Kelas 3 MIN 3 Kepulauan Selayar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 271–282. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1217

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 

You may also start an advanced similarity search for this article.