Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Statistika di SMP Muhammadiyah 16 Surabaya

Authors

  • Fara Diba Nur Cholifatun Nissa’ UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sutopo Sutopo UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.283

Keywords:

Hypnoteaching Method, Interest in Learning, Learning Outcomes

Abstract

This research is motivated by the low interest and student learning outcomes. Therefore, researchers assume that the use of a new learning model is expected to be able to increase student interest in teaching and learning activities and be able to improve student learning outcomes. In this case the researcher wanted to know how far the influence of the hypnoteaching method had on the interest and learning outcomes of class VIII students on the subject of statistics at Muhammadiyah 16 Junior High School Surabaya. The research approach used is quantitative. This type of research is a quasi experiment. The population in this study were students of class VIII SMP Muhammadiyah 16 Surabaya. The sampling technique used is saturated sampling. Data collection techniques using questionnaires, tests, and documentation. The data analysis technique used was the t test and the Manova test. The results showed that there is an influence of the application of the hypnoteaching method on the interest and learning outcomes of class VIII students on the subject of statistics at Muhammadiyah 16 Junior High School Surabaya.

References

A. Maolani, Rukaesih. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Abdullah Sani, Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Abdurrahman, Mulyono. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Abrar Suthani, Dinil. 2017. Hubungan Metode Mengajar Dengan Minat Belajar Di Mts Aisyiyah Ujung Belakang Olo Padang. Jurnal Kependidikan Islam 3 (2), 166.

Adang Heriawan, Adang. At. All. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Serang- Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Agfie dkk. 2019. “Hubungan Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Smk Melalui Model Pembelajaran Hypnoteaching”, Teorema: Teori dan Riset Matematika 2, 122.

Aisyanah, Nurul dan Kurniasari, Zunaida. 2017. Pengaruh Model PBL Dengan Strategi Alat Praga Puzzele Dadu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika. jurnal kajian pendidikan matematika 3 (1), 34

Amalia, Rezeki. 2017. Hasil Belajar Biologi Pokok bahasan Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Pada Siswa Kelas Xi Sman 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 14

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arif Tiro, Muhammad. (2004). Dasar- dasar Statistika. Makassar: UNM Makassar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktiki. Jakarta: Rineka Cipta.

Barkah, Januar. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didk Di Smk Kharismawita Jakarta Selatan, Jurnal Candrasangkala 4 (1), 24.

Derindo, Haves. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Resiprokal Disertai dengan Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN Padang”. Jurnal Pendidikan, 3.

Dimyati, Ahmad. 2020. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Search, Solve, Create, & Share (Sscs) Problem Solving Dengan Metode Hypnoteaching”. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1), 2.

Faradillah, Ayu dkk. 2018. “Penerapan Pembelajaran Matematika yang Efektif melalui Metode Hypnoteaching, Jurnal SOLMA 7 (1), 59.

Fuadi, Rahmi dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Dikdaktika Matematika 3 (1), 47-48

Hartiny, Rosma. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas Teknik Bermain Kontstruktif Untuk Peningktan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta : Teras.

Hasbullah. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI”. Jurnal Formatif, 4.

Irodatul Aliyah, Hartina dkk. 2018. “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok bahasan Perbandingan Trigonometri”. Journal of Educatio and Management Studies 1 (2), 18.

Ismail, Fajri. (2014). Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Jihad, Asep At.all. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kasmaja, Hadi. 2016. “Efektivitas Implementasi Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri”. Journal of EST 2 (1).

Komari Pertiwi, Noor. 2015. Pengaruh tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan minat belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar bahasa Indonesia siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga 1 (2).

Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dasar Perkhasa 2 (1).

Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yokyakarta: Budi Utama.

Noer, Mohammad. (2010). Hypnoteaching For Succes Learning. Yogyakarta: Pendagogia.

Nurhasanah, Siti dan Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1), 130.

Pramitha Muslim, Audra. 2016. “Penerapan Tapps Disertai Hypnoteaching (Hypno-Tapps) dalam Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan UNSIKA 4 (1), 1.

Priyono, Chamdani, dan Suripto. “Penggunanan Metode Hypnoteaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri Benerwetan Tahun Ajaran 2014/2015”, KALAM CENDEKIA 5 (5.1), 424

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahman Saleh, Abdul dan Abdul Wahab, Muhbib. (2004). Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan. (Palembang: Grafika Telindo Press). Rusmain. (2011). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Model PenelitianPendidikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung :Alfa Beta.

Suharso, Puguh. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif untuk bisnis, Jakarta: Indek. Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi & Bisnis. Yogyakarta: UH Press.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa (P3B). (1995). Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Walpole, R. E. (1990). Pengantar statistika, edisi ke-3 (Introduction to statistics). Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. ISBN 979-403-313-8. OCLC 637152950

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Fara Diba Nur Cholifatun Nissa’, & Sutopo Sutopo. (2023). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Statistika di SMP Muhammadiyah 16 Surabaya. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 01–11. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.283

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.