Pengaruh Video Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Anna Nurjanah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.596

Keywords:

Animated videos, Interest in learning, Learning media, Mathematics

Abstract

According to Law No. 20 of 2003 concerning the National Education System, education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have the spiritual power of religious rituals, self-control, personality, intelligence, noble morals, and the necessary skills. by himself, society, nation, and state. Learning media is a tool in the teaching and learning process that conveys messages and clarifies material to help the learning process. Observations carried out at SDN Sukamulya still used media such as pictures on paper or were only guided by the textbooks used. From these results, students had no interest in the learning process if they only used paper media. The aim of this research is to determine the effect of learning videos on interest in learning mathematics for class V at SDN Sukamulya. The research method used was an experiment with a quantitative approach design to determine how variable the results were. From the pretest results, it was 23.64%, and the posttest results increased to 25.76%.

References

Abdillah, T. Rafli. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Ivers & Barron.” Jurnal TIKA 7(2):179–88. doi: 10.51179/tika.v7i2.1321.

Anggraini, Dema Octamia, I. Dewa Made Endiana, dan Putu Diah Kumalasari. 2022. “Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Audit Delay.” Jurnal Kharisma 4(1):105–16.

DEPDIKNAS. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.

Eldanto, Andrian, Genrawan Hoendarto, dan Thommy Willay. 2021. “Penerapan metode statistika inferensial sebagai alat bantu hitung dengan solusi komprehesif.” Jurnal InTekSis 5(2):22–32.

Friantini, Rizki Nurhana, dan Rahmat Winata. 2019. “Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 4(1):6. doi: 10.26737/jpmi.v4i1.870.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Kamaruddin, Asmaul, dan Nurjannah. 2021. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng.” Jurnal Pendidikan 1(2):81–92.

Hasanah, Umrotul, dan Lukman Nulhakim. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1(1):91. doi: 10.30870/jppi.v1i1.283.

Nur, Syamsiara. 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik.” Saintifik 2(1):61–67. doi: 10.31605/saintifik.v2i1.97.

Prameswari, Dinda Putri, dan Theresia Sri Rahayu. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(1):202–10. doi: 10.23887/jippg.v3i1.28244.

Putri, Dhiya Juliana, Sarah Angelina, Savira Claudia Rahma, dan Mujazi. 2022. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Kecamatan Larangan Tangerang.” Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin 5(9):49–53.

Rifa’i, Ahmad, dan Nana Sudjana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sholikhah, Amirotun. 2019. “Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif.” Komunika 10(2):342–62.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi ke-2. Bandung: Alfabeta.

Tarumasely, Yowelna. 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 8(1):54–65. doi: 10.47668/pkwu.v8i1.67.

Widiyasanti, Margareta, dan Yulia Ayriza. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V.” Jurnal Pendidikan Karakter 9(1):1–16. doi: 10.21831/jpk.v8i1.21489.

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Anna Nurjanah, Riza Fatimah Zahrah, & Geri Syahril Sidik. (2024). Pengaruh Video Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 18–31. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.596

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.