Pendekatan Etnosains Dalam Proses Pembuatan Wogi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP Swasta Tananuwa Masabewa

Authors

  • Yohanista Nona Bogar IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yulimira Syafriati Y. M. Sani IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Mariana Sada IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.637

Keywords:

Ethnoscience, Religion, Scientific Litera

Abstract

This study aims to determine the scientific literacy skills of Tananuwa Masabewa private junior high school students. This research was carried out at Tananuwa Masabewa Private Middle School in semester 2 of the 2022/2023 academic year. Meanwhile, the research question is how students' scientific literacy skills relate to the process of making wogi at Tananuwa Masabewa Private Middle School. The data sources in this study were all 30 class XI A students at Tananuwa Masabewa Private Middle School. The data collection methods that the researchers used in this study were observation, questionnaires, and documentation. To analyze the data, the researcher used a qualitative descriptive analysis with. Based on the percentage covered in this study, it can be seen that the scientific literacy ability of class XI A students in the Integrated Science subject at Tananuwa Masabewa Private Middle School is seen from three aspects with the following percentages: context aspect (25%), content aspect (86, 20%), competency aspect (88, 63%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaeni, dkk. (2023) “ Etnoparenting: Pola Pengasuhan Alternatif Masyarakat Indonesia.” Auland: journal on Early Childhood 6(1). 51-60.

Aminuddin. 2013.Menjaga Lingkungan Hidup dengan Kearifan Lokal. Bandung: Tiyiani Ilmu. 1(4). 726-731.

Andriani, Nely, Saparini, and Hamadi Akhasan. (2018). “ Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumetera Selatan Menggunakan Kerangka PISA ( Program For International Student Assessment). “Berkala Iilmiah Pendidikan Fisika”.6 (3). 278-291.

Anam, C. (2019). TA: Perancangan Destination Branding Pantai Klayar sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Anggreni, Ni Wayan, N. P. Ristiati, and N. L. P. M. Widiyanti. (2013). “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Ipa Siswa SMP”. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia. 3(1).197-208

Ariningtyas, A., Wardani, S,. &Mahatwanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal Of Innovative Science Education. 6(2). 186-196.

Arfianawati, dkk.(2016). “Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal pengajaran MIPA. 21 (1). 46-51.

Arlianovita, D., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Pendekatan etnosains dalam proses pembuatan tempe terhadap kemampuan literasi sains. In Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya .3 (2). 101-107

Atmojo, S. (2012). Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengerajin tempe dalam pembelajaran IPA perpendekatan etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2). 39-56

Azizah, Nur, and Shidiq premono. (2021). “Identifikasi Potensi Budaya Lokal Berbasis Etnokimia di Kabupaten Bantul”. Jurnal Of Tropical Chemistry Research And Education”. 3(1). 53-60.

Beer, Keylene. (2009). Standards for the Assessment of Reading and Writing. International Reading Association and the National Council of Teachears of English. New York Dewi, Loli, A. (2022). “Pembangun Modal Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA SD Materi Ekosistem Buatan (Kolam) Di Suku Serawi Kabupaten Seluma.3(1). 75-80.

Erma, W. (2021). Studi Literature: Etnosains Dalam Pembelajaran Sains (Doctoral Dissertation,Uin Raden Intan Lampung).

Endang, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Ensiklopedia Fisika Berbasis Etnosains Budaya Lampung Pada Konsep Fisika (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung. http://repository. radenintan.ac.id/17073/.

Faizah, K. (2019). Relevansi Pembelajaran Ipa Dan Pai Humanis. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam. 4(1). 13-21. Fauzi, M. I. (2022). Perawatan Warisan Budaya: Membangun Masa Depan Bangsa Sebuah Penelitian Pendahuluan. Journal of Indonesian Culture and Beliefs (JICB). 1(1). 25-42.

Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9(4).540-554.

Hadi, W. P. Munawaro, F, Rosidi, I, & Wardani, W. K. (2020) “Terasi Madura : Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Juranl Inovasi Pendidikan Sains. 10(1).45-55

Hadi, A. (2021). Pengetahuan Mahasiswa Biologi Mengenai Penerapan Bioteknologi Rekayasa Genetika Ditinjau dari Perspektif Islam. Alim| Journal of Islamic Education.3(2). 209-224. Hartoyo, Agung. (2012). "Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar." Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1). 14-23

Hayati, W. (2022). Kebiasaan Dan Kecanduan Makanan Pinang Masyarakat Dua Koto Kabupaten Pasaman Sebagai Obat Penghilang Bau Mulut. SEMESTER: Journal Of Science Education And Teaching.5(1).13-21.

Izzatunisa,I, Yayuk, A, and Aliefman Hakim. (2019). “ Pengembangan LKPD Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA”. Jurnal Pijar Mipa. 14 (2). 49-54

Kemendikbut. (2017). Tentang kompetensi inti dan dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum Khoiri, A. & Sunarno, W. (2018). Pendekatan Etnosains Dalam Tinjau Filsafat. Spekta: Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 4(2). 145.

Khotimah, H., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Berorientasi Etnosains dengan Mengangkat Budaya Makanan Khas Kabupaten Pekalongan. Lantanida Journal. 9(2). 498- 363.

Khoerunnisa, R. F., Murbangun, N., & Sudarmin, S. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu etnosains untuk menumbuhkan minat kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45-53.

Kriswanti, D. P., & Supardi, Z. A. I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 372-372.

Kusumawardhani, R., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 48-56.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan e-modul ipa berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan.7(2).91-103.

Lidyawati, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran biologi di SMAN 14 bandar lampung (Doctoral dissertation, Uni Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13143

Limiansih, K., & Dewi, A. M. K. (2023). Penguatan Literasi Sains Dan Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Untuk Guru SD. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(1). 1-6.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. R. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94-110.

Maarif, S., Parmono, R., Kinseng, R. A., & Sunarti, E. (2012). Kontestasi Pengetahuan dan Pemaknaan tentang Ancaman Bencana Alam: Studi Kasus Ancaman Bencana Gunung Merapi. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 3(1), 1-13.

Maelasari, Neneng. (2021). “Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Nilai Profetik Pada Musim Pandemi”. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya. 14(2). 68-79.

Maharani, A., Azizah, I. M., Astari, M. T., Wigati, I., Oktiansyah, R., & Hapida, Y. (2019). Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender Dalam Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.2 (1) .62- 67.

Mardianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di SMP. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 97-106.

Musanna, Al. (2017). "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.2 (1).117-133.

Mustaqim, A. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Perspektif Ki Hadjar Dewantara Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madarsah Ibtidaiyah. 1(1). 1-14

Nariswari, N. P., Hidayat, S., & Hariz, A. R. (2023). Pengembangan e-flipbook materi perubahan lingkungan berbasis literasi lingkungan sebagai sumber belajar biologi pada siswa SMA/MA. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science. 2(1). 81-94.

Nugraheni, F. S. A., Wati, I. K., Sari, M. W., Suciati, S., Widyastuti, A., & Kamaliah K. (2022). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Local Wisdom STEM pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama di Solo Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(4). 357-365.

Nuralita, A, (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Etnosains Dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha. 8(1). 1-8.

Nurlalita, A, Raffiane, F & Mudzanatun, M. (2020). “ Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar”. Mimbar PGSD Undiksha. 8(3). 457-467.

Novitasari, L, Agustina, P. A, Sukesti, R, Nazari, M, F, & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, Dan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sains. In prosiding SNPF (seminar nasional pendidikan fisika). 6(1).67-73.

OECD.(2016). PISA 2006. Asesing Scientific, Reading, And Mathematical Literacy: A Framework for PISA 2016. OECD Publishing. OECD. (2016). PISA 2015. Result in Focuc.

OECD Publishing. Oktavianti, Ika, and Yuni Ratnasari. (2018). "Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal." Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8 (2). 150-153.

Pakpahan, N. A., & Hasruddin, H. (2021). Kemampuan Literasi Materi Sistem Gerak Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 4(1).162-172.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 9(1). 34-42.

Purwaningtyas,F.(2020).Informasi dan Masyarakat.19(2).148-152. Purwanti, A. (2020). Etnobotani dan persepsi konservasi tumbuhan obat oleh suku Melayu Sanggau Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/36355.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25-31.

Rahma, I. S. (2023). Kajian Etnosains pada Proses Pembuatan Genteng Sebagai Bahan Ajar IPA SMP/MTs (Doctoral dissertation, Iain Kudus). 9(2). http://journal. upgris. ac.id /index.php/JP2F/article/view/3107.

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183- 190.

Regina, B. D., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Kajian Etnosains Berbasis Kearifan Lokal pada Karya Seni Batik Tulis di Anjani Batik Galeri Bumiaji. Journal on Teacher Education. 4 (2). 484-490.

Saleh, S. (2017). “Analisis data Kualitatif”. 17(33).81-95.

Sari, Eka, Dony Setiawan, and Ika Ayu.( 2021). “Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Energi Dan Perubahannya Bermuatan Etnosains Pada Pengasapan Ikan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan. 1(1). 25-36.

Sari,S, P,. Mapuah, S,. & Sunaryo,I. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduBase: Journal Of Basic Education. 2(1). 9-18.

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA.7(1). 134-140.

Satria, T, G,. & Egok, A, S. (2020). Pengembangan Etnosains Mutimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa SD Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Bascicedu. 4(1). 13-2. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/ Suja, I. wayan. (2022). “Revitalisasi Etnosains Untuk Mendukung Literasi”. Bivalen: Chemical Studies Journal. 5 (1). 01-10.

Sudirman, S, N dan Fibionacci, Anita. (2014). “ Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains (MPKBE) untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa”. Prosiding Semnas Pens VI “Peran Literasi Sains”. 5(2).97-106.

Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotien (Esq) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(1),

Sutrisna, Nana. (2021). “ Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh”. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(12). 2683-2694.

Syaparuddin, S, Meldianus, M, and Elihami, E. (2020). “ Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1). 30-4.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, 10(2). 255-270.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar ), 1(2). 140-147. Wulansari, N. I., & Admoko, S. (2021). Eksplorasi konsep fisika pada tari dhadak merak reog ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163 -172.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1( 26). 263-278.

Wulandari, N. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa smp pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66-73.

Wiwin. (2019). Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. 10(1). 45-55.

Yulianisa, Y, Rizal, F, Oktavianti, O, & Abdulah , R. (2018). “Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21 st Century Skills) Di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus :Smk Negeri 2 Solok).” CIVED.5(3). 61-68.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Yohanista Nona Bogar, Yulimira Syafriati Y. M. Sani, & Mariana Sada. (2024). Pendekatan Etnosains Dalam Proses Pembuatan Wogi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP Swasta Tananuwa Masabewa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 106–138. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.637

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.