Peran Guru Dalam Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PPKN Terhadap Pembentukan Karakter Kejujuran Siswa di SMPN 35 Medan
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.837Keywords:
Teacher's role, evaluation, honestAbstract
This study is entitled the role of teachers in planning the implementation and evaluation of PPKN learning towards the formation of students' honesty character at SMP Negeri 35 Medan. The method used in this research is descriptive qualitative. Namely a research method that describes a condition or situation and events systematically. Data collection in the form of interviews with PPKN teachers. This research results in an understanding of the role of teachers in planning the implementation and evaluation of PPKN learning on the character of student honesty
Downloads
References
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Habibullah, N. (2019). Hakikat Kepribadian Guru Sebagai Tenaga Pendidik. At-Ta'lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-14.
Ismail, B. (2014). KOMITMEN GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Mudarrisuna, 1-14.
Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 117-127.
Messi , & Harapan , E. (2017). MENANAMKAN NILAI NILAI KEJUJURAN DI DALAM KEGIATAN MADRASAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi, 278-290.
Mukhlis. (2020). HAKIKAT GURU (PENDIDIK) DALAM PANDANG ISLAM. Journal of Science and Research, 1-7.
Nisa, A. K. (2019). Peran Guru dala Pendidikan Karakter Peserta Didik di SD IT Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 13-22.
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 73-86.
Pranowo, D. D. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN DAN KERJASAMA PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS DENGAN METODE BERMAIN PERAN. 1-19.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah.
Rosari, V., Patras, Y. E., & Aziz, T. A. (2023). Dampak Keteladanan Dan Kompetensi Guru Bagi Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendidikan Karakter. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 11(2), 74-78.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7158-7163.
Shodiq, M. J. (2014). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Al-Bidayah, 183-216.
Sidauruk, V. A., & Supeni, S. (2018). PERAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).
Sidauruk, V. A., & Supeni, S. (n.d.). Peran dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa kelas X SMA Negeri6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017-2018. 35-48.
Suraji, I. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. In Forum Tarbiyah (Vol. 10, No. 2).
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896-2910.
Zuliani, E. (2017). NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal An-Nâbighoh, 127-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.