Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.985Keywords:
Class Management, Thematic LearningAbstract
Classroom management is an effort made by teachers to create and maintain classroom conditions so that they remain normal and optimal in carrying out learning so that it can continue to run effectively and efficiently. Thematic learning is integrated learning that uses themes to link several subjects so that it can provide meaningful experiences to students. The aim of this research is to describe classroom management in thematic learning. This research method is a descriptive approach with a qualitative research type. The results of this research indicate that the classroom management carried out by teachers at SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya has generally been carried out well and teachers have utilized the available classroom facilities and infrastructure.
Downloads
References
Ahmad Rohani HM dan Abu Ahmadi. Pengelolaan Pengajaran. 1991. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad, Djauzak. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. 1995. Dispendas. Bandung: Depdikbud RI
Akbar Sa’dun, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Akbar, dkk. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakara
Ali, Hasniyati Gani. 2013. Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Ilmplikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. (Jurnal Al-Ta’dib)
Andi Prastowo. 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana Arbangi, dkk. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana
Bafadal Ibrahim. 2003. Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Darmadi Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: direktorat SLTP
Djabidi. 2017. Manajemen Pengelolaan Kelas, Malang: Madani Departemen
Engkoswara. 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan, Menyongsong otonomi Daerah. Edisi Kedua, Yayasan akmal Keluarga, Bandung
Erwinsyah Alfian2017. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (TADRIB). Vol.5 No.2
Gie,The Liang. Cara Belajar Yang Efektif. Jakarta : Raya Grafindo
Jones. Health and Human Behavior Third Edition. 2012. Oxford University Press: United Kingdom
Majid Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Nusa Media
Mulyasa 2002. Manajemen berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Remaja Rosdakarya:Bandung
Murni Wahid. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan. Malang: UM Press Agung
Muslihah Eneng. 2014. Metode Dan Strategi Pembelajaran. Ciputat: Haja Mandiri
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung: tarsito Nawawi. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. Haji Mas
Permendiknas No 24 Tahun. 2007. Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)
Pidarta. 2019. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Renika Cipta
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo
Salma 2020. Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar, Jambi, Indonesia Journal of Basic Education Research (JBER) Vol. 1, No. 2, Mei 2020, pp. 54~57, ISSN: 2716-1560, DOI: 10.37251/jber.v1i2.83
Siti Rizqia Nurmala, 2018, Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas II MI, (Skripsi) UIN Jakarta
Subagyo Joko. Metode Penelitian. 2014. Jakarta : Rineke cipta
Suharsimi dan Arikunto. 2018. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sulistyorini. 2018. Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia
Suprapto dan Efendy. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu- Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS. Center for Academic Publishing Service
Suprapto. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Bandung: Alfabeta)
Suwarna. 2005. Pengajaran Micro.Yogyakarta: Tri Wacana,
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14. 2005. Pasal 8, Tentang Guru dan Dosen, Depdiknas RI : Jakarta
Vicky Ridwan. 2012. Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia
Widiasworo Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.