Pengaruh Metode Poster Comment Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Upt SDN No. 181 Pattopakang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Authors

  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman A Arif Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.46

Keywords:

Learning outcomes, Poster Comment Method

Abstract

The Effect of the Poster Comment Method on Learning Outcomes of Writing Description of Class V Students of UPT SDN No 181 Pattopakang, Mangarabombang District, Takalar Regency. A Thesis of Primary School Teacher Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Makassar. Supervised by Munirah Madeamin as the first supervisor and Tarman A Arif as the second supervisor.This research discusses about the effect of poster comment method on the Indonesian language writing learning outcomes of the 5th grade student of V UPT SDN No 181 Pattopakang District, Takalar Regency. This research used pre- experimental design. The research population consisted of students of V UPT SDN No 181 Pattopakang , Mangarabombang District, Takalar regency. The research used purposive sampling technique, while the samples in this research were the 5th grade students, which consisted of 21 students. The research instruments were; observation and test of learning outcomes.

References

Ahmad Rofi’udin & Darmiyati Zuhdi 1998 “Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. 2002. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek” .Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asul Wiyanto. 2004. “Menulis Paragraf”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. “Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”. Yogyakarta: BPFE.

Daryanto. 2011. “Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah”.Yogyakarta: Gava Media.

Diliastuti, F. S. 2013. “Metodedan Strategi Pembelajaran PKLH”. Makassar: Alauddin University Press.

Nafiah, S. A. (2017). “Model- Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI”. Ar Ruzz Media.

Agustin Rinawati. Lilik Binti Mirnawati. Fajar Setiawan 2020 “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar “. Education Journal : Journal Educational Research and Development

Harmida. 2019. “Pengaruh Metode Poster Comment untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN 012 Kota Kari

Munirah, 2015. “Pengembangan Menulis Paragraf”. Yogyakarta: Deepublish.

Riadi, A. 2016. “Statistika Penelitian”. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rosi Alifia, 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karngan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa kelas V SDN 2 Dukutalit Juwana Pati”.Yogyakarta : Universitas Negri Yogyakarta

Tarman A. Arif, 2022. “Teori Belajar dan Implikasinya di SD”. Sukabumi: Haura Utama

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2021. “Pedoman Penulisan Skripsi”.Makassar: Universitas Muhammadiyah makassar.

Slameto. 2009. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta

Suparno & Moh. Yunus. 2010. “Keterampilan Dasar Menulis”. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2009. “Cooperative learning Teori dan Aplikasi PAIKEM”

.Yogyakara: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar”.

Jakarta: Kencana.

Tarigan H.G.1982. “Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung: Angkasa.

Wiriaatmadja Rochiati, 2014. “Metode Penelitian Tindakan Kelas”.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Abas, Nurwahida. 2011. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman pada Siswa di Kelas IV SDN Paranggi Melalui Metode Latihan. Palu”. Program Studi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untad.

Ajeng Noerjannah. 2016. “Penerapan Metode Poster Comment untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPS SD Kelas IV di SDN 1 Sindangasara”

Wahad Rohmalina. 2016. Psikologi belajar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suprijono Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryani Anis. 2014. Pengeruh pendekatan Active Learning metode Poster Comment terhadap hasil belajar IPS IV SDN Sunter Agung 11 Pagi Jakarta Utara, (online), (repository.uinjkt.ac.id).

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Nurhikmah Nurhikmah, Munirah Munirah, & Tarman A Arif. (2023). Pengaruh Metode Poster Comment Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Upt SDN No. 181 Pattopakang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(3), 11–23. https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.46

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.