Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Malakaya Kabupaten Gowa

Authors

  • Binti Rohmatin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tasrif Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Saeful Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.58

Keywords:

Letters, Media, Flashcards

Abstract

The main problem in this study is whether the use of flashcard media can improve letter recognition for second grade students in the Indonesian language subject at SD Inpres Malakaya, Gowa Regency. Based on the observations, several problems were found which were identified as the cause of the low recognition of letter shapes in class II students, namely the teacher still used one learning method and used less interesting media, so that learning became boring. This study aims to determine the use of flashcard media to improve letter recognition for class II students in the Indonesian language subject at SD Inpres Malakaya, Gowa Regency.This research uses Classroom Action Research (CAR) with individual learning models. CAR is carried out in two cycles where each cycle is held in three meetings with one evaluation. The subjects in this study were 25 grade II students of SD Inpres Malakaya, 15 male students and 10 female students.The data source is class II students, amounting to 25 students. CAR carried out in cycles I and II. The use of flashcard media in Indonesian subjects is proven to be able to improve the recognition of letter shapes for class II students. This can be seen from the results of the percentage of student completeness in cycle I by 24% and increased in cycle II by 92%. So it can be concluded that the use of flashcard media can improve the recognition of letter shapes for class II students of SD Inpres Malakaya, Gowa Regency.

References

Adam, Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Volume 3 No 2.

Adelzha, Nafiri Sharyll. 2022. Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicude. Volume 6 Nomor 3.

Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 16(1).

Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Peagagogia. Vol. 2 No. 1.

Akib, Tasrif & Aliem Bahri. 2022. Bengkel Literasi di SD. Sukabumi: Farha Pustaka.

Amelia, Anissa Putri. 2017. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Amsari, Dina. 2018. Implikasi Teori Belajar E.Thorndike(Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicude. Volume 2 Nomor 2.

Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Benare, Suriyati. 2019. Penggunaan Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas II SDN 107 Kota Utara Kota Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Budiyanto, Cepi, dkk. 2022. Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Bale Aksara. Vol. 03, No. 02.

Dahlan, Zakiah. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Motion Graphich sebagai Pendukung Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Barru. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dhanisa, Monilla Rama, dkk. 2023. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN Kepuh 1 Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 01.

Dimyati dan Mudjiono. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dinata, Wiria. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Alfabet Bergambar di TK Kamulyan Terpadu Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Ekayani, Ni Luh Putu. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Farhrohman, Oman. 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Primary, Vol. 09 No. 01.

Fatikh. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam. 14(2).

Fauziah Dan Sri. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Flash Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Infanitia, 4(2).

Haryanti, Sri. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Model Bermain Bervariasi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5 No.01.

Hayati, Fitriah, dkk. 2019. Penerapan Media Televisi Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B2 TK Cut Mutia Banda Aceh. Jurnal Buah Hati. Vol. 6, No. 2.

Hotimah, Empit. 2016. Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rachman Semarang. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol.04, No. 01.

Hutasoit, Purti O, dkk. 2023. Pemanfaatam Media Poster Abjad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pengenalan Huruf Siswa Penyandang Tuna Grahita di SLB Negeri Siborong-borong. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat. Vol.1, No.1.

Ibda, Hamidulloh. 2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Ilham, Muhammad, dkk. 2020. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institude.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1.

Kumalasari, Deti, dkk. 2016. Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jurnal Ilmu dan Riset Akutansi, Volume 5, Nomor 11.

Kumullah, Rahmah, dkk. 2019. Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 7, No. 2

Kurniawan, Masda Satria. 2020. Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah SD Negeri Kaliurip. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 1. Nomor 1.

Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).

Kurniawati, Wiwien, dkk. 2018. Analisis Pembuatan Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan Multimedia Oleh Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2).

Lestari, Hilmania Dwi, dkk. 2020. Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, Vol.4(1).

Lestari, Puji, dkk. 2016. Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf Di TK PSM 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. CARE, Vol. 03, No. 2.

Linggasari, Egah. dkk. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jurnal Literasi, Volume XIII, No. 1.

Magdalena, Ina, dkk. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 3, Nomor 2.

Mahnun, Nunu. 2012. “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)”. Volume 37, Nomor 1.

Mardiana, Dina, dkk. 2021. Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 Nomor 2.

Maryanto, Rahel Ika Primadini, dkk. 2017. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Ma’rufah, Khairunisa Nuril, dkk. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media flashcard. Proseding Konferensi Ilmu Dasar. Volume 3.

Mufid, M. Abdul, dkk. 2017. Peningkatan Keterampilan Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Ungaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6, No. 2.

Nasution, Tuti Alawiyah. 2017. Pengaruh Permainan Kartu Huruf terhadap Pengenalan Bentuk Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017. Jurnal Usia Dini. Volume 3 No. 1.

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiah. Volume 03, Nomor 01.

Oktaviani, Eka. 2019. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Bangsa Penantian Ulubelu Tanggamus. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Otto, B. 2015. Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jakarta: PRENADAMEDIAGROUP.

Pangastuti, Ratna, dkk. 2018. Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Kriteria Ketuntasan Minimal Di Madrasah Ibtidaiah An-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, Vol 8, No 2.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Permendikbud.

Purwono, Joni, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan.. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2.

Puspita, Melisa Dian, dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. Pernik Jurnal PAUD, Vol. 3, No. 1

Putri, Rifa Thahira. 2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pasundan.

Rahayu, Riana, dkk. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 (4).

Rahman, Budi, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2, Nomor 2.

Rohani, dkk. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM. Vol. VII, No. 1.

Rohmawati, Eka, dkk. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Vokal Pada Anak TK Kelompok A Di PAUD Kuncup Melati Tangunan Mojokerto Menggunakan Media Dadu Flanel.

Ruskamto, Muhamad. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Website, Citra Instansi Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Administrasi Hukum Umum Cikini Jakarta (Kemenkumham). Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanda, Ghina Damaiyanti. 2021. Penggunaan Media Flashcard upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Tema 3 Subtema 3 pada Siswa Kelas I SDN 223 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, Bagas Trio, dkk. 2023. Membangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMK Terpadu Takwa Belitang Menggunakan Android Studio. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. Vol. 06, No. (1).

Sari, Navila Sita. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Flashcard Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Ngroto Gubug Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Satriana, Ade. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1, Nomor 2.

Siregar, Rusti Alam. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Literesioligi. Volume 2, No.1.

Siregar, Yani Sukriah, dkk. 2022. Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP I Padang Sidenpuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, Vol (2)(1).

Subli, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD N 166/IX Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume II Nomor 1

Surya, Mohamad. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syaquita, Wa Ode Rahmadilla. 2018. Efektifitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Syarlin. 2023. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Kartu Gambar (Flas Card) Siswa Kelas II Di SD Negeri 12 Gu Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Khasanah Pendidikan. Vol.1 No. 3.

Trisnanti, Ida. 2018. Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B Tk Gugus Mawa. Journal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3).

Ulfa, Novaria Mariatul. 2020. Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Indonesia Journal of Early Childhood Education. 1(1).

Umar. 2014. Media Pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. 11(1).

Umroh, Ida Latifatul. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora. 6(1).

Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Dediknas.

Wahyuni, Sri. 2020. Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 1.

WJS, Poerwadarminta. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta : Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional.

Yuan, Izqy Andari Ms. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Vol. 2, No. 1

Yunita, Citra, dkk. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Kata Lembaga dengan Bantuan Media Flashcard. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021.

Zuleha. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Binti Rohmatin, Tasrif Akib, & Muhammad Saeful. (2023). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Malakaya Kabupaten Gowa. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(3), 44–65. https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.58

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.