Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan

Authors

  • Dian Mentari Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Khairil Ansari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/bima.v1i4.336

Keywords:

Animated Film Media, Retelling of Fables, Fables

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan sebelum menggunakan media film animasi. (2) Untuk mendekripsikan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan setelah menggunakan media film animasi. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film animasi dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dengan sampel penelitian siswa kelas VII-2  SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pilihan kata, lafal, irama, jeda, mimik, gestur dan struktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttes. Teknik analisi data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, danuji hipotesis. Hasil pretest dalalam penelitian ini adalah sebesar 60,03 dengan kategori cukup. Sedangkan hasil posttest yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 75,68 dengan kategori baik. Melalui pengujian hipotesa yaitu 12,13178 > 2,03951 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media film animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.

References

Agami,dkk.2022.Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2Sijunjung TA 2022/2023.Alinea Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran.2(2).262-270.

Apriliany Lenny dan Hermiati.2021.Peran Film dalam Pembelajaran Sebagai PembentukPendidikan Karakter.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.191-199.

Asiati,Seni dan Fatwa Alamia.2020.Modul Pembelajaran SMP Terbuka Bahasa Indonesia.Jakarta:Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemetrerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aulia, Hiliyatul.2018.Pengaruh Media Film Pada Zaman Dahulu Terhadap Kemmpuan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018.Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Harahap,Rosmawati.2022.Fabel.Medan:Guepedia.

Istiqlal,Abdul.2018.Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi.Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah.3(2).139-144.

Kristanto,Andi.2016.Media Pembelajaran.Surabaya:Bintang Surabaya.

Manasikana,dkk.2022.Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP.Jombang:LPPM UNHAST Tebuireng Jombang.

Marzuqi Iib.2019.Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Deket:CV Istana.

Noermanzah.2019.Bahasa Sebagai Alat Komunikasi,Cara Pikiran, dan Kepribadian.Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba).306-319.

Nurgiyantoro,Burhan.2005.Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Pramiari,dkk.2018.Penggunaan Media Tayangan Televisi “Pada Zaman Dahulu” Untuk Meningkatkan Kemampuan MenceritakanKembali Isi Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Mengwi.JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNDIKSHA.8(1).96-107.

S Karo-karo Isran Rasyid dan Rohani.2018.Manfaat Media dalam Pembelajaran.Axiom.VII(1).91-96.

Sofyan,dkk.2017.Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:UNY Press.

Supriyadi.2021.Pemanfaatan Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Flasmx.Journal Komunikasi.12(2).144-151.

Susanti Elvi.2019.Keterampilan Berbicara.Rangerang:Rajawali Pers.

Syafitri Dwi Husni dan Fatma Hidayah.2016.Fabel Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sastra Anak.Seminar nasional Sastra Anak.123-134.

Syahira Nur dan Rita Kumala Sari.2022.Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fabel dengan Metode Silent Way dan Media Living Book pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1Sebatik Utara.Prosiding Seminar Nasional Salingdidik (Sains, Lingkungan dan Pendidikan).9.175-190.

Syamsidah dan Hamidah Suryani.2018.Buku Model Problem Based learning (PBL). Yogyakarta:Deepublish.

Rini,dkk.2022.Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran umbered Heads Together pada Materi Struktur Fqabel di Kelas VII B SMPIT Permata Hati Bekasi.Alegori:Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.02.(01).32-38.

Zainda S S.2021.Pengaruh Media Film Animasi Larva terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Nurani Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021.Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara:Medan.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Dian Mentari Tambunan, & Khairil Ansari. (2023). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan . Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(4), 207–219. https://doi.org/10.61132/bima.v1i4.336

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.