Penggunaan Website Construct Dalam Mengenalkan Dan Cara Membaca Huruf Hijaiyah Di TPA Darul Farhan Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.835Keywords:
Website Construct, Learning, Hijaiyah Letters, TPAAbstract
This article discusses the potential use of websites as a tool for learning Hijaiyah letters, the basis of Arabic writing and the Quran. The purpose of this service is to see explore the role and possibility of utilizing websites in facilitating the learning of Hijaiyah letters. The service was carried out at Darul Farhan TPA using the socialization method and learning approach Using an educative website construct TPA children are introduced to Hijaiyah letters through an educational website that attracts their attention. The use of laptops and smartphones facilitates the identification of Hijaiyah letters, and the “Construct” program is used to measure children's understanding of the letters. The results of the service show that the use of the Construct website in the introduction and learning of Hijaiyah letters at Darul Farhan TPA makes it easy for children to understand Hijaiyah letters. This learning method also prevents children's boredom by combining learning with games.
Downloads
References
Abdillah, M. A., Informatika, P. S., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2022). Game edukasi pengenalan huruf hijaiyah untuk anak-anak TPA (Studi kasus TPA Desa Makamhaji). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102462
Azizah, L. M., Purbohadi, D., Firdaus, F. F., & H., P. (2022). Model e-learning pelajaran baca Al-Qur’an berbasis teknologi speech recognition. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Bahroni, I., & Purwanto, R. (2018). Aplikasi pembelajaran (e-learning) mengenal huruf hijaiyah bagi anak-anak berbasis mobile untuk mendukung pembelajaran secara mandiri. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), 163. https://doi.org/10.26418/jp.v4i2.25566
Daud, J., & Debyantoro, H. E. (2017). Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 berbasis multimedia.
Fadhilla, A., Suheri, & Khaliq, A. (2021). Aplikasi mobile learning berbasis Android untuk belajar huruf hijaiyah. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.61306/jnastek.v1i1.5
Firman, F., Ramadhani, I. A., & Julaikha, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pengenalan huruf hijaiyah berbasis Animaker pada Raudhatul Athfal Fathu Al-Barokah. Device, 12(2), 70–78. https://doi.org/10.32699/device.v12i2.3542
Guntoro, G. B. (2020). Pemanfaatan aplikasi sebagai media bantu edukasi agama Islam untuk anak usia dini. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150–158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339
Hidayat, W., Wahid, M. S. N., & Syafitri, N. (2023). Membangun sarana pendidikan inovatif: Media pembelajaran interaktif berbasis web untuk anak usia dini. Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20232
Irianto, F. E., Prasetya, R., & Marti’ah, S. (2022). Perancangan aplikasi belajar huruf hijaiyah dan baca Iqra 1 berbasis Android untuk taman kanak-kanak. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 2(01), 40–48. https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i01.6483
Muhammad, A. R. (2018). Pengembangan aplikasi mobile augmented reality sebagai media belajar pengenalan dasar huruf hijaiyah. Skripsi, 3(1), 6.
Mulyadi, S. (2023). Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah untuk anak tunagrahita SLB IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Teknologipintar.Org, 3(6), 1–20.
Nanyetu, Z. U., & Lede, P. A. R. L. (2023). Rancang bangun game edukasi pengenalan huruf hijaiyah. 27–28.
Noor, M., & Lutviani, R. M. (2016). Aplikasi pintar membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika, 2(2), 98–106.
Putra, U. N., Iklima, L. D., Yustiana, I., Studi, P., Informatika, T., Nusa, U., & Sukabumi, P. (2022). Aplikasi belajar mengaji anak TPA berbasis web. September.
Saw, R. M. (2019). Aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis Android pada TPA Nurussa’adah. Aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis Android pada TPA Nurussa’adah, 3(1), 45–49.
Sayidah, R. R., Hurri, I., & Siwiyanti, L. (2021). Media game edukasi berupa aplikasi untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 142–154. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1363
Setiawan, Y., Teknologi, J., Fakultas, I., & Informasi, T. (2018). Aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis smartphone Android pada Taman Kanak-Kanak Al-Munawarah. Pendahuluan dalam memberikan pola asuh TK Al-Munawarah membutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif berupa audio visual agar anak cenderung lebih cepat.
Sholehah, F. A. S., Windiarti, I. S., & Qamaruzzaman, M. H. (2023). Rancang bangun game edukasi pengenalan huruf hijaiyah menggunakan Construct 2. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi, 6(1), 78–82. https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/4639
Umam, M. I. A., & Kusumandyoko, T. C. (2022). Desain antarmuka aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis gamifikasi. Barik, 3(3), 198–207. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48077%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/download/48077/40142
Wahyuningrum, R., & Septianto, R. (2022). Aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis Android pada TPA Nurussa’adah. Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer, 3(1), 6–15. https://doi.org/10.55886/infokom.v3i1.341
Yuliati, T., Sellyana, A., & Handayani, T. (2023). Pendampingan penerapan aplikasi game Tilawati bagi anak TPA Nurul Huda Dumai. J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.11485
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.