Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Peserta Didik Kinestetik di Kelas VII E SMP Negeri 2 Sewon Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Wildan Ghufron Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Martina Puspita Rakhmi Universitas Negeri Semarang
  • Sab’ah Ashfiya Adiratna Salim Putri Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Hardi Saputro Universitas Negeri Semarang
  • Durratus Sa'diyah SDN Ngijo 01 Semarang
  • Meilia Meilia TK Bina Amal Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i4.1182

Keywords:

learning, kinesthetic, quizizz,, descriptive text, technology

Abstract

Technology can be used to find solutions to learning problems. The learning problems encountered were students who were active at SMPN 2 Sewon on descriptive text material. Teachers need to know the characteristics of students to solve problems. One of the uses of technology to overcome this problem is by looking for the characteristics of students and the results of using the quizizz application in learning descriptive text in class VII E SMPN 2 Sewon. The aims are (a) to find out the characteristics of students and (b) to find out the learning outcomes with the Quizizz application. This study uses a quantitative descriptive method as well as observation and interview techniques, and notes to find data. The results of the data were processed and analyzed according to qualitative descriptive research. The results of the study found that the characteristics of students have a kinesthetic learning style. In addition, it was concluded that the use of the Quizizz application could have a major effect on learning descriptive text in class VII E of SMPN 2 Sewon. The average value reaches 95 when using the quizizz application with a kinesthetic learning style approach.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Fauziah, F. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran dengan Media Mind Map pada Siswa Kelas VII E SMP 2 Kumai. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 75-81.

Fayyadh, C. N., Utami, S. R., & Marliana, N. L. (2022). Pengembangan Materi Ajar Tata Kalimat pada Teks Deskripsi dengan Pendekatan Kontekstual. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 86-96.

Ghufron, W. (2022). Diambil kembali dari Quizizz: https://quizizz.com/join/quiz/6301b9ca75aacd001d7528da/start?studentShare=true

Iswanto, W., Muzammil, A. R. U., & Syahrani, A. PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS DESKRIPSI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP SIVALIPUTTA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(1).

Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran online berbasis QUIZIZZ. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231-240.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, W. G., Helda, T., & Dwinitia, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Two Stay-Two Stray (Dua Tinggal-Dua Tamu) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP N 1 Batang Kapas. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 157-165.

Nisa, K., Ardiyanti, R., Tiami, R., & Sugesti, P. (2022, November). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI STRUKTUR TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Rahmadani, M. (2022). Karakteristik struktur dan kebahasaan teks deskripsi siswa di sekolah menengah pertama Islam terpadu. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 182-186.

Rahmah, N. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ONLINE BASED LEARNING PADA MATERI TEKS DESKRIPSI.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.

Sapitri, A. R., Pujiastuti, I., & Elfitra, L. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN EJAAN MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 27-36.

Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sumiaty, S. (2022). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Deskripsi Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Tapen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM), 2(2), 85-92.

Syukriady, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN ANTUSIAS DAN KINERJA BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MATERI TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII MTs YASPI SAMBUNG JAWA MAKASSAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2175-2194.

Trikandi, S. (2022). pembelajaran bahasa Indonesia materi teks deskripsi berbasis pendekatan MIKiR pada siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Utomo, A. P. Y., & Yulianti, U. H. (2017). Pengembangan media interaktif menyunting karangan bermuatan nilai-nilai karakter berbasis tik pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 48-55.

Utomo, A. P. Y., Dianastiti, F. E., Saragih, D. K., & Suwandi, S. (2022). Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hybird. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 227-236.

Wahyuni, S., Mulyani, R. R., & Usman, C. I. (2021). Profil Kecerdasan Emosi Anak Berkebutuhan Khusus (Hiperaktif) Di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 15-27.

Wijayanti, A., & Kurniawan, M. A. (2022, July). Peningkatan Semangat Belajar Kelas VIII dengan Media Quizizz di SMPN 13 Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 2, No. 1, pp. 531-536).

Yanto, Y. B., & Nurzaman, B. (2022). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA VIDEO PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI YANG DISAJIKAN DALAM MEDIA YOUTUBE. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 2(1), 29-39.

Published

2024-08-15

How to Cite

Wildan Ghufron, Asep Purwo Yudi Utomo, Martina Puspita Rakhmi, Sab’ah Ashfiya Adiratna Salim Putri, Iwan Hardi Saputro, Durratus Sa’diyah, & Meilia Meilia. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Peserta Didik Kinestetik di Kelas VII E SMP Negeri 2 Sewon Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(4), 01–12. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i4.1182

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.