Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMPN Satu Atap 3 Jerebuu

Authors

  • Dorothea Titu SMP Negeri Satu Atap 3 Jerebuu

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1513

Keywords:

Merdeka Curriculum, teacher understanding, CP analysis, Learning Objectives, Alur Tujuan Pembelajaran, Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran, differentiated learning

Abstract

This study aims to enhance the understanding and capabilities of teachers at SMPN Satu Atap 3 Jerebuu in implementing the Merdeka Curriculum, focusing on analyzing Capaian Pembelajaran (CP) into Tujuan Pembelajaran (TP), developing Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), and establishing Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). The method used is action research (PTS) with a cyclical approach consisting of planning, implementation, observation, and reflection. In the pre-cycle phase, it was found that teachers' understanding of the Merdeka Curriculum was still low, with an average questionnaire score of 2.0. The implementation of cycle 1 showed an improvement in understanding, but challenges in applying teaching practices remained. Subsequently, cycle 2 demonstrated significant progress, with the average questionnaire score increasing to 4.0, and teachers showed improved abilities in analyzing CP, developing ATP, and using more effective Kriteria Ketuntasan. Observations and interviews during cycle 2 revealed that teachers began to implement differentiated learning and project-based approaches more effectively, although challenges still needed to be addressed. This study recommends further training, practical support, and increased resources to better support the implementation of the Merdeka Curriculum in schools.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2023). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, P., McTighe, J., & Bybee, R. (2023). Idea Bank: Promoting learning for all through explore-before-explain. The Science Teacher, 90(5), 24–27. https://doi.org/10.1080/00368555.2023.12315965

Djoeaeriah, D., & Hendra, A. (2023). Pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pendidikan berbasis keterampilan abad 21. Jurshibyan, Advance online publication. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JURSHIBYAN/index

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147

Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10

Ferdinan, Abd. Rahman, & Pewangi, M. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam pada supervisi pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3). https://doi.org/10.4031/jurnaldidaktika.org

Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi supervisi akademik, gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kurnia, T., & Aprison, W. (2024). Implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal LingkarPembelajaran Inovatif, 5(5), 42. https://doi.org/10.1234/jlpi.2024.00505

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio, 9(2), 765-777. https://doi.org/10.1234/edu.2023.5678

Machsun, T. (2019). Efektivitas supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. El-Banat, 9(2), 321-341. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.321-341

Maisaroh, D., Ninthia, D. S., Pratiwi, S. I., Pelealu, N. C. O. M., & Warman, W. (2020). Optimalisasi kualitas pendidikan melalui pendekatan supervisi dan inovasi pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendas Mahakam, 9(1), 60-69.

Mariya, L., Djoa, D. D., Imawan, O. R., Ismail, R., Permana, R., Nurbaya, E., Inayah, S., Sya'ban, M. F., Kusuma, A. E., Ningrum, D. C., & Yani, F. (2024). Pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi: Teori dan praktik. CV. Edupedia Publisher

Masliah, E. (2019). Pengembangan model supervisi akademik teknik mentoring dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review

Mulyasa, E. (2022). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Munawarah, N., & Zain, M. I. (2024). Teacher capability in developing independent curriculum learning tools. Journal of Insan Mulia Education, 2(2). https://doi.org/10.59923/joinme.v2i2.161

Pertiwi, M. W., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Analisis implementasi kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 9336. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9336

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi: Implementasi kurikulum merdeka belajar. Penebar Media Pustaka.

Ramadhani, R. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar (Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Universitas Bina Bangsa Getsempena. https://library.bbg.ac.id/

Said, S. (2023). Peran teknologi sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 194. https://doi.org/10.1234/jpenkomi.2023.5678

Sari, N., Suryani, D., Widi Fajari, L. E., & Rini, R. Y. (2023). Komunikasi dengan pendekatan HOTs dalam pendidikan anak usia dini pada abad 21. Dwijacendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76438

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-modul interaktif dalam pembelajaran mandiri sesuai kapasitas siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 665–672. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun keterampilan 4C siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921-929. http://semnasfis.unimed.ac.id

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta580

Tomlinson, C. A. (2023). Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD

Tulak, A. M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas kompetensi guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 832–839. https://irje.org/index.php/irje832

Turmuzi, A. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat ajar kurikulum merdeka melalui supervisi akademik di SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 24

Wijaya, H. C., & Syahrum, D. (2013). Penelitian tindakan kelas: Melejitkan kemampuan peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Citapustaka Media Perintis.

Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah menengah atas. Ulul Albab, 28(1), 15–19.

Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Dewi, U. (2020). Learning society Kampung Inggris. Beta Aksara.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Dorothea Titu. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMPN Satu Atap 3 Jerebuu. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 266–303. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1513

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.