Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/2024

Authors

  • Yenni Pranita Nababan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Ibelala Gea Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Raikhapoor Raikhapoor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Rusmauli Simbolon Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Masniar H. Sitorus Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i4.256

Keywords:

image media, learning motivation

Abstract

The study aims to determine the positive and significant influence between the use of image media on the motivation to learn Christian Religious Education and Ethics of grade VIII students of SMP Negeri 1 Sipoholon for the 2023/2024 Learning Year. Descriptive and inferential quantitative research methods. The population of all grade VIII students of SMP Negeri 1 Sipoholon for the 2023/2024 Learning Year who are Protestant Christians is 160 people. Random sampling is 25% of the total population, which is 40 people. The research instrument is in the form of a closed questionnaire. The results of the data analysis were obtained: a) The value of rhitung=0.553>rtabel=0.312 and thitung=4.091>ttabel=2.021 shows a relationship between the use of image media and learning motivation Christian Religious Education and Ethics of grade VIII students of SMP Negeri 1 Sipoholon Learning Year 2023/2024. b) Regression equation . c) The determination test is known to have an effect of 30.58%. d) Test the hypothesis obtained Fcalculate = 16.693 > Ftable = 3.23 then H0 is rejected and Ha is accepted. The study concluded that there is a positive and significant influence between the use of image media on the motivation to learn Christian Religious Education and Ethics of grade VIII students of SMP Negeri 1 Sipoholon for the 2023/2024 Learning Year.

References

Akib. 2022. Bengkel Literasi di SD. Suka Bumi: Fahra Pustaka.

Arikunto & Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: 2010, PT.Rineka Cipta), hal 213

Boehlke R Robert . 1996. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Damyanti. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamlik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hananto. 2021. Antologi Exsequendum Didaktik Teologi Praktika dan PAK. Palu: Pustaka Star’s Lub.

Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab&Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: IKAPI.

Himmawati Ihda. 2017 Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Flash Card. Semarang: Penerbit NEM.

Ibda Hamidulloh. 2017. Media Pmbelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Istarani & Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kholifah. dkk. 2018. Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Masyarakat dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Surabaya: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Khosiyono. 2022. Teori Dan Pengembangan Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta : Budi Utama.

Kresbinol. 2022. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk Multikultural. Klaten: Lakeisha.

Kristianto. 2008. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yokyakarta : ANDI.

Lilik Paulus. 2013. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen Penuntun bagi Mahasiswa Teologi&PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama, dan Keluarga Kristen. Yogyakarta: IKAPI.

Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad & Uno. 2011. Belajar dengan Pendekatan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nara & Eveline Siregar. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pribadi. 2018. Media Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta : KENCANA

Rahmawati dkk. 2021. Ragam Media Pembelajaran Di SD/MI. Perum : Literasi Nusantara.

Rohani & Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rosyid dkk. 2019. Ragam Media Pembelajaran. Malang : Literasi Nusantara.

Sadiman, dkk. 2020. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani Ridwan. 2016. Inofasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman. 2020. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sidjabat Binsen. 2008. Membesarkan Anak dengan Kreatif. Yogyakarta: ANDI.

Simarmata Janner, dkk. 2020. Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Simatupang Hasudungan. 2020. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi.

Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhono. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hail Belajar Reproduksi Manusia. Surakarta: UNISRI Press.

Surhani&Purnanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Vo.3 Nomor 1.

Tasrif Akib. 2022. Bengkel Literasi Di SD. Suka Bumi: Fahira Pustaka.

Trisiana, dkk. 2020. Media Digital Kartun Nilai Keslametriyadian. Surakarta : UNISRI Press

Wahyuni Sri. 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Kridten dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jawa Tengah: NEM.

Wahyuni, dkk. Analisis faktor-faktor penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa MTS Negari 1 Tapanili Tengah Disaat Pandemi Covid-19. Vo.4 Nomor 2.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Yenni Pranita Nababan, Ibelala Gea, Raikhapoor Raikhapoor, Rusmauli Simbolon, & Masniar H. Sitorus. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(4), 217–237. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i4.256

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.