Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Jihan Satila Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.944

Keywords:

Problem Based Learning, Activeness, Learning Results

Abstract

This article aims to increase student activity and learning outcomes by implementing the problem based learning (PBL) learning model. In implementing the problem-based learning (PBL) model for fifth grade students, the main goal is for students to be able to understand science material and for students to become active in science learning. PBL is a learning model that uses everyday problems as a context for students to be directly involved in problem solving and gaining essential knowledge in science subjects.

                                                                                                                                             

 

References

Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The effects of problem-based active learning in science education on student’s academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81.

Arikunto, S., Suhasimi, et al. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Felianti, E. S., & Sanoto, H. (2023). Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7404-7413. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2959

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, M., & Mohammad Nur. (2000). Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Iskandar. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2017). Pengaruh model problem based learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11005/7056

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369-379.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik menggunakan PBL. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.

Raharjo, F. S., Sulistiyono, R., & Widyastuti, N. S. (2019). Penerapan model problem based learning dan media sway secara daring terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas III SD Unggulan 'Aisyiyah Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 1237-1251.

Sagita, E., Amalia, V., & CA, N. D. (2024). Studi literatur: Model problem based learning dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14-14.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: Permata Puri Media.

Santosa, A. W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239.

S. Arikunto, (2014). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190-199.

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61-67.

Wirata, I. N. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(3), 139-145.

Wulandari, E. (2012). Penerapan model PBL (problem based learning) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.

Published

2024-06-13

How to Cite

Jihan Satila, & Nur Azmi Alwi. (2024). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 121–129. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.944

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.