Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Volume Kubus dan Balok dengan Menggunakan Pendekatan TARL
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1234Keywords:
TARL, Learning Outcomes, MathematicsAbstract
This research aims to describe the improvement in learning outcomes in spatial volume material using the TARL approach for class IV students at SDN 01 Kanigoro. This research was carried out using a type of Classroom Action Research (PTK) which was carried out in 2 cycles which aimed to determine the increase in the completeness of student learning outcomes through the TARL learning approach. The research subjects were 12 class IV students at SDN 01 Kanigoro. The research results show an increase in student learning outcomes in mathematics subjects using the TARL approach at SDN 01 Kanigoro. Based on the results of pre-cycle action activities, there were 3 students who completed and 9 students who did not complete. In the first cycle, there were 7 students who completed and 5 students who did not complete. while in the second cycle there were 11 students who completed it and 1 student who did not complete it. In conclusion, by using the TARL approach, student learning outcomes in class can improve.
Downloads
References
Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi untuk siswa SD kelas II. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini As-Babiqun, 6(2), 312–324. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan media video pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.
Apriadi, D., & Setyansah, R. (2017). Penerapan media simulasi Matlab berbasis interactive conceptual untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 6(2), 159–167.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui model Teaching at the Right Level (TaRL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 12407–12418. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2842833
Dian Aprelia Rukmi, & Khosiyono, B. H. C. (2023). Peningkatan kreativitas dan percaya diri melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624–635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756
Elan, Sumardi, & Juandi, A. S. (2022). Penyusunan instrumen penelitian tindakan kelas dalam upaya peningkatan keterampilan sosial. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 91–98. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/51339
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk. Jurnal Pendidikan, 2*(1).
Izzati, E. N., Untari, M. F. A., & Espiyanti. (2024). Penerapan pendekatan TaRL pada mata pelajaran matematika kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang. Journal on Education, 06(03), 17840–17846. http://jonedu.org/index.php/joe
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Kamal, S. (2021). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1, 89–100.
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TaRL model PBL dalam matematika kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh pendekatan TaRL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9405
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi pendekatan TaRL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Nurhayati, A., Amin, S. M., Handayani, S., & Indrati, J. (2024). Meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar melalui pendekatan TaRL. Juwara, 4(1), 140–149. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.97
Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2021). No title. Jurnal Pendidikan, 17*(1).
Pareza, W. P., Ameilia, F., Fitriana, K., & others. (2024). Pelaksanaan penilaian hasil belajar menggunakan pendekatan TaRL pada siswa kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1. Teori dan Hasil, 3(c), 1–15. https://mail.onlinejournal.unja.ac.id/jtpd/article/view/33175
Peto, J. (2022). Melalui model Teaching at the Right Level (TaRL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan penguatan karakter dan hasil belajar narrative text di kelas X. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419–12433.
Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. E. (2023). Kefektifan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada muatan pelajaran PPKn siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1315–1312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978
Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932
Prastiwi, H., Amin, S. M., Prihastuti, H., Muawanah, & Indrati, J. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan TaRL: Penelitian tindakan kelas. Juwara Wawasan dan Asara, 4(1), 140–149. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.98
Putri, H. A., Siswanto, D. H., Author, C., & Anggraeni, H. (2024). Teaching at the Right Level (TaRL) as an implementation of new education concepts in the insights of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan, 3*(2), 89–100.
Saputro, B. C. (2017). Meningkatkan hasil belajar sifat-sifat cahaya dengan metode inquiri pada kelas V semester II SD Negeri Sumogawe 04. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(9), 925–937.
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarno, R. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Setyawan, D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan realistic mathematics education (RME) berbantuan media konkret. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473
Ulfah, A., Fatmawati, L., Purnama, R. D., Pratama, F. Y., & Adityas, M. T. (2023). TaRL-based differentiated learning model training for primary school teachers in independent curriculum implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 348–356. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82370
Wilujeng, A. T., Gunansyah, G., & Muldash, M. P. (2024). Analisis implementasi pendekatan TaRL pada pembelajaran matematika kelas 5 di SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02).
Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik. *ALACRITY: Journal of Education
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.