Peningkatan Gerak Dasar Lokomotor dengan Sirkuit Game pada Siswa Kelas II SD Negeri 8 Pakis Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1298Keywords:
Locomotor basic movements, Circuit game, Classroom action researchAbstract
Games as an alternative that helps to improve locomotor movements in children because there are fun movement tasks, one of which is by applying circuit games in improving the basic locomotor movement skills of students in class II SDN 8 Pakis 8 Surabaya students experience an increase in locomotor movement skills (walking, running jumping), this research is a class action research where in this study using 2 cycles conducted for 2 meetings. The subjects in this study were class II C SDN 8 Pakis students totaling 20 students. The techniques used in data collection are tests, observation and documentation. Based on the results of the study, it shows that through circuit games it can improve the learning outcomes of locomotor basic movements (walking, running jumping) in class II SDN 8 Pakis Surabaya This can be seen from the percentage of completeness of learning outcomes in cycle 1 and cycle 2 increased, with a percentage of completeness of 50% in cycle 1 and a percentage of completeness of 97% in cycle 2.
Downloads
References
Adhennin, A., & Djawa, B. Pengaruh permainan sirkuit terhadap motivasi siswa mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Agustini, I. P., Tomi, A., & Sudjana, I. N. (2016). Peningkatan keterampilan gerak dasar lokomotor menggunakan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 229–237.
Aji, F. W., & Indahwati, N. (2023). Pengaruh permainan sirkuit akar pensil terhadap hasil belajar gerak dasar pencak silat kelas V SD. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(1), 1–10.
Ara, M. W. H., Muhammadb, H. N., & Wibowo, S. Pengembangan model pembelajaran motorik melalui permainan sirkuit “Rilo Ngale” pada siswa sekolah dasar.
Arif, H. (2022). Peningkatan aktivitas gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif menggunakan model permainan pada siswa sekolah dasar. Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan pada Siswa Sekolah Dasar.
Azis, P. A., Rahayu, E. T., & Kurniawan, F. (2022). Upaya meningkatkan gerak lokomotor siswa sekolah menengah atas dalam pembelajaran atletik melalui metode bermain. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 464–471.
Barnaman, M. B., Pelupesy, M. R., & Syah, M. I. (2024). Penerapan permainan sirkuit “Rilo Ngale” terhadap peningkatan efektivitas keterampilan motorik peserta didik kelas V SDN Bubutan IV Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5952–5959.
Dartija, D. (2017). Kemampuan guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas di SD Negeri se-Kota Banda Aceh. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 95–105.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh permainan gerak dasar dengan circuit training terhadap perkembangan motorik kasar anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583–6593.
Monicha, N. (2020). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit. Jurnal Cikal Cendekia, 1(1).
Pratama, N. Y., & Hudah, M. (2020). Pendekatan permainan outbound sirkuit game dalam meningkatkan kematangan emosional dan spiritual melalui pembelajaran penjas pada siswa SMP N 1 Sumowono. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 8–13.
Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui pengembangan model permainan sirkuit anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 66–78.
Rizqii, O. (2021). Pengembangan model bermain sirkuit training untuk melatih gerak dasar peserta didik kelas 1 sekolah dasar dalam mata pelajaran PJOK (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.