Optimalisasi Wisata Alam Danau Toba dalam Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
DOI:
https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i1.1506Keywords:
Lake Toba, BIPA, open-ended material, culture, virtual tourAbstract
This study uses a qualitative descriptive method to explore the potential of Lake Toba as an open-ended material in learning Indonesian for Foreign Speakers (BIPA). The research findings show that the geographical uniqueness of Lake Toba as a tourist destination offers opportunities for enriching relevant vocabulary for BIPA learners. In addition, the cultural elements typical of Lake Toba, such as traditions, arts, and customs, are rich learning resources in supporting language and culture teaching simultaneously. To maximize this potential, teaching materials are developed through interactive modules, learning videos, and virtual tours that present an immersive learning experience. This approach not only improves learners' language skills but also creates a deep emotional connection with the material, because learners can experience the beauty of Indonesian culture directly through the media provided.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.
Aisyianita, R. A., Rahmat, D., Abidin, J., Sahara, L. S., & Fedrina, R. (2022). Implementasi Model Desa Wisata Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Wisata Cisaat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 37-52.
Andriana, W. D., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Dongeng Cinta Budaya Sebagai Bahan Ajar BIPA. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 53-71.
Anggaira, A. S. (2019, February). Literasi terkini dalam pembelajaran BIPA pada era revolusi digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Ardiyanti, W. N., & Septiana, H. (2023). Pemanfaatan video aktivitas di pasar tradisional sebagai media pembelajaran BIPA berbasis kearifan lokal untuk kelas keterampilan berbicara dan menulis level intermediate 1 di KBRI London. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(2), 232-239.
Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017, November). Revitalisasi peran budaya lokal dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). In Proceedings Education And Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Asrianti, A., Marfuah, J., & Nirmayanti, N. (2024). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal bagi TKA di Sulawesi Tengah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 3974-3980.
Ginting, S. J. B. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Berastagi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 95-101). FBS Unimed Press.
Handayani, W., & Nurlina, L. (2024). Strategi Pembelajaran BIPA Berbasis Audio Visual Dengan Pendekatan Budaya: Kajian Literatur. Journal of Knowledge and Collaboration, 1(8), 344-353.
Hasibuan, H. A. (2022). Peran modul berbasis kearifan lokal untuk mendukung pendidikan merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 292-301.
Kusmiatun, A. (2021, October). Pariwisata dalam Bingkai Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) (Vol. 43, No. 1, pp. 458-475).
Manakane, S. E., Wlary, A. P., Pakniany, Y., Rakuasa, H., & Latue, P. C. (2023). Diseminasi Obyek Wisata Di Pulau Moa, Maluku Barat Daya Berbasis Webgis Menggunakan Arcgis Storymaps. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 64-70.
Marbun, A., & Simarmata, J. (2024). Determinants of Lake Toba Tourism Selling Value. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 5(3), 551-562.
Muharam, T. D. (2024). Penerapan Game Based Learning dalam Pembelajaran BIPA Siswa di Eakkapapsasanawich Islamic School Thailand. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 19(5).
Mutiara, M. (2024). Instrumen Inovatif untuk Mengembangkan Asesmen Praktik dan Produk dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 49-56.
Nugroho, A. W., Fatmawati, F., Magdalena, I., Ramadhani, N. P., Anggraini, S. D., & Saddhono, K. (2024). Candi Prambanan Sebagai Bahan Ajar BIPA dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2).
Prasanty, A. B., & Nurlina, L. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pengajaran BIPA: Tinjauan Literatur. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 4(1), 57-67.
Saddhono, K., Rakhmawati, A., & Rohmadi, M. (2024). Peningkatan Kompetensi Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Berbasis Budaya dan Tradisi Jawa Tengah bagi Dosen Thammasat University Thailand. Jurnal Kabar Masyarakat, 2(4), 129-142.
Safarudin, N. R., Utaya, S., Bachri, S., Mutia, T., & Fahmi, M. R. (2023). Kawasan Danau Tektovulkanik Ranau sebagai Sumber Belajar Geografi pada Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA dalam Mendukung Kurikulum Merdeka. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 21(2), 147-155.
Silalahi, A. D., Helman, H., Mawardi, M., Pangeran, P., Sriyanto, D., & Suwianto, S. (2023). Eksplorasi Tempat Wisata di Samosir Tapanuli Utara. Journal Liaison Academia and Society, 3(4), 7-13.
Simbolon, R. L. M., & Mulyati, Y. (2024). Unsur Budaya Teks Cerita Rakyat Danau Toba dalam Buku Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia untuk Pemelajar Bipa 4. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2639-2650.
Solina, I., Faizah, H., & Auzar, A. (2023). Pemanfaatan kearifan lokal di kawasan Subayang sebagai sumber teks pengayaan pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 97-106.
Suhita, R., Setiawan, B., Rohmadi, M., Saddhono, K., & Saputra, A. D. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pemandu Wisata Thailand untuk Pelancong dari Indonesia. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(6), 01-17.
Susrawan, I. N. A. (2016). Pengembangan video pembelajaran bahasa indonesia berbasis kearifan lokal bali melalui model pembelajaran berbantuan komputer (pbk) pada siswa kelas viii di smp n 1 kubu karangasem. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.
Uno, W. A., Halim, I., & Syahriyanto, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Pengalamanku Sub BAB Pengalamanku DI Tempat Wisata. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(2), 268-284.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Wati, L. N. I., Puspaningrum, R. A., Rukmana, A. A. W., Barinto, B. A. P., & Saddhono, K. (2024). Budaya “Gamelan” sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 120-134.
Widianto, E., & Zulaeha, I. (2016). Pilihan bahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 124-135.
Yogi, A. K., Yasinta, S. A., Akbar, R. N., Fauzani, S. R., & Saddono, K. (2024). Warisan Budaya Dunia “Batik” sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 2(3), 236-248.
Zaul, Y., Arlini, E. W., Sari, R. U. P. K., Himawan, F., & Saddhono, K. (2024). Budaya “Wayang Kulit” Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Journal Education and Government Wiyata, 2(3).
Zulfahmi, H. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.