Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • Nurul Alifah Universitas Sriwijaya
  • Oktavia Utami Ramadhani Universitas Sriwijaya
  • Annisa Rahman Universitas Sriwijaya
  • Shinta Nurhaliza Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i2.1775

Keywords:

Group Counseling, Literature Review, Psychological Intervention, Self-Confidence, Students

Abstract

Self-confidence is a crucial aspect of student development and academic success. However, many students still struggle with low self-confidence. This article reviews the effectiveness of group counseling through a literature review of 22 journals (2013–2025). Findings show that group counseling effectively enhances self-confidence across various educational levels. Techniques used include REBT, bibliocounseling, self-instruction, and role play. Success also depends on the stages of implementation. Group counseling provides a reflective and supportive space, making it a suitable intervention strategy in guidance and counseling programs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisahria, A., Ratu, B., & Suhrah, S. (2025). Konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 51–58.

Apriyanto, T. D. (2024). Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMPN 33 Bekasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1733–1742.

Ardila, P., Sitanggang, I. A., Musthofa, M. A., Destriyanti, N., Tazkia, D. A. T., & Hamidah, S. (2024). Tinjauan pustaka sistematis: Layanan konseling kelompok sebagai upaya meningkatkan rasa percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(1), 160–170.

Chairunisya, M. A., Bhakti, C. P., & Iriastuti, M. E. (2022). Peningkatan rasa percaya diri siswa melalui metode cognitive defusion layanan konseling kelompok bagi siswa kelas XI di SMKN 1 Kalasan tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5278–5286.

Dewi, R. S., Sucipto, S. D., & Puriani, R. A. (2018). Model konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 220–223.

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84.

Fiorentika, K., Santoso, D. B., & Simon, I. M. (2016). Keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 15.

Ghufron, M. N., Risnawati, S., & Rini. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hakim, T. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hartati, A. (2022). Pengaruh konseling kelompok dalam mengatasi masalah kepercayaan diri siswa SMP Negeri Kota Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1651–1663.

Hartati, N. H., Ma’ruf, H., & Rahmi, N. (2022, August). Efektivitas konseling kelompok rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Barito Utara. In International Virtual Conference on Islamic Guidance and Counseling (Vol. 2, No. 1, pp. 151–163).

Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 13.

Khotimah, N. (2014). Penggunaan konseling kelompok rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berinteraksi sosial siswa Madrasah Aliyah Purwoasri Kediri (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Komariyah, S., & Nuryanto, I. L. (2019). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMP N 16 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Mardatillah. (2010). Pengembangan diri. Balikpapan: STIE Madani.

Meutia, T., Harefa, J. A., Wijayanti, S., & Saragi, M. P. D. (2022). Efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kemampuan public speaking mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2215–2219.

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui konseling kelompok. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 136–142.

Mutakin, F., Fadholi, A., & Budiono, A. N. (2023). Efektivitas konseling kelompok teknik bibliokonseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X TBSM 1 di SMK Negeri 2 Jember. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 398–406.

Nurhidayah, B. S., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2022). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral therapy (CBT) dengan teknik modeling simbolis dan role playing untuk meningkatkan self-confidence pada siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 64–69.

Puspasari, K. D. (2023). Meningkatkan kepercayaan diri di sekolah pada panti asuhan remaja melalui konseling kelompok perilaku. Procedia: Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 11(4), 156–160.

Sabarrudin, S., Silvianetri, S., & Nelisma, Y. (2022). Konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar: Studi kepustakaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 435–441.

Sangidun, A., Faqih, N., & Aziz, A. (2019). Konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 30–35.

Sari, O. L. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok teknik positive reinforcement untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2), 109–115.

Sulistyaningsih, R., Mashar, R., & Yuhenita, N. N. (2018). Efektivitas teknik metafora dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Toy, R. O., & Malelak, E. O. (2023). Keefektifan konseling kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 37–42.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Nurul Alifah, Oktavia Utami Ramadhani, Annisa Rahman, Shinta Nurhaliza, & Ratna Sari Dewi. (2025). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i2.1775

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.