Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di UPT SPF SDN Gaddong II Kota Makassar

Authors

  • Rezky Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Besse Syukroni B Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i2.701

Keywords:

Literacy Program, Learning Motivation, Implementation

Abstract

This research aims to determine the description of the implementation of the literacy program in increasing student learning motivation at UPT SPF SDN Gaddong II, supporting and inhibiting factors in implementing the literacy program at UPT SPF SDN Gaddomg II. This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. The research objects are students at UPT SPF SDN Gaddong II. The data sources used in this research are observation, interviews and documentation. Data in this research. .Based on the research that has been conducted, the results obtained are (1) an overview of the implementation of literacy programs in increasing student learning motivation at UPT SPF SDN Gaddong II, carried out with several literacy programs such as study quizzes, literacy classes, and library visits. With this literacy program, students are more motivated to learn. This is evident from the students who take part in the literacy program held by the teacher, (2) the supporting and inhibiting factors in implementing the literacy program at UPT SPF SDN Gaddong II are: supporting factors are the cooperation of the principal and teachers, the active role of students and appreciation of the school . while inhibiting factors are internal factors such as family, school environment and psychology, external factors such as society.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N. 2014. Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 50–58.

Al- Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI; Bandung. : CV Darus Sunah

Anggito, dkk. 2018. Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jakarta.

Anike Putri dan Emilia Dewiwati Pelipa. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1 (1), 10.

Direktorat Jendral Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia . 2016.

Donni Juni Priansa. 2017. Pengembangan Strategi & Model pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Presentatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia, 110.

Elfi Yuliani Rochmah. 2016. Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar Perspektif Psikologi Barat dan Psikologi Islam. Al Murabbi 3 (1), 39.

Emda, A. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 172.

Hartati. 2017. Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa MI/SD.

Ika Purnam, dkk. 2022. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Gemar Membaca Siswa di SDN 5 Masbagik Selatan. Mataram.

Ina Magdalena, dkk. 2021. Implementasi Model Pembeljaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III”, Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3 (1), 119–128.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi, 183.

Jati, Dionisius Heckie Puspoko. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz.” E- Jurnal Mitra Pendidikan 4(5): 231–40.

Juni Priansa, Pengembangan Strategi & Model pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Presentatif dalam Memahami Peserta Didik, 110.

Kartikasari, E. 2022. “Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah.” Jurnal Basicedu, 6(5), 8879-8885.

Kemendikbud. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Buku Saku Gerakan Literasi di Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Mangnga, A. 2015. “Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah.” JupiterVol.17 Nomor 1,38-41.

Maya Kartika Sari, dkk. 2021. Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. ELSE Elementary School Education Journal, 5 (1), 113.

Muhammad Ami Hidayat. 2019. Implementasi Gerekan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Krincing Tahun Ajaran 2017/2018. 5.

Mulyati, Sri, And Haniv Evendi. 2020. “Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara.” Jurnal Pendidikan Matematika 03(01): 64–73.

Nabillah, dkk. 2020. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika 2.1c.

Naila Rif’ah. 2022. Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemempuan Berfikir Kritis, Dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas III SD Negeri Donoharjo Ngaglik Sleman.

Nasution. 2014. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta. 1..

Rohman, S. 2017. “Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.

Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, 89.

Sidiq, Fadhil, et al. 2023 "Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa." Journal Of Human And Education (JAHE) 03.(03) : 69-75.

Sintia Arlia dan Ati Sumiati. 2015. Hubungan Antara Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 46 Jakarta, Econo Sains, 8 (1), 19.

Sugiyono. 2018. Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jakarta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta. 104.

Suharsini Arikunto. 2016. Proses Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta. 230.

Sukma, Elfia, Tin Indrawati, and Ari Suriani. 2020. "Penggunaan media literasi kelas awal di sekolah dasar." Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3 (2), 103-111.

Sukma, Elfia, Tin Indrawati, and Ari Suriani. 2020. "Penggunaan media literasi kelas awal di sekolah dasar." Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3 (2), 103-111.

Downloads

Published

2024-02-24

How to Cite

Rezky Wahyuni, Andi Adam, & Besse Syukroni B. (2024). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di UPT SPF SDN Gaddong II Kota Makassar. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 252–269. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i2.701

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.