Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Sunarto Hanafi Universitas Negeri Gorontalo
  • Fatmawaty Damiti Universitas Negeri Gorontalo
  • Radia Hafid Universitas Negeri Gorontalo
  • Yulianti Toralawe Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i4.2131

Keywords:

Activities , Learning Outcomes, Two Stay Two Stray Cooperative Model

Abstract

This class action research aims to improve student learning outcomes in social studies learning through the cooperative model of two stay two stray type in class VII students of SMP Negeri 1 Limboto Barat. This type of research is classroom action research (PTK) while the approach uses a quantitative approach. This research was conducted at SMP Ngeri 1 Limboto Barat. The research subjects were the seventh grade students consisting of 27 students. This research was conducted in two cycles consisting of four competencies each cycle, namely planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used in this study include tests, and observation. The instruments used were tests, observation sheets. Based on the results of the research, it is known that through the cooperative learning model type two stay two stray has a positive and significant effect on learning outcomes from cycle I seen from the average value of the test of learning outcomes of students who reach completeness 70% while those who do not reach completeness 30% and in cycle II the learning outcomes of students who reach completeness 89% while the learning outcomes of students who have not completed 11%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adur, K. (2022). Knowing critical thinking in two stray learning model. SocioEdu: Sociological Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.59098/socioedu.v3i1.642

Ahmad, R. R., Hafid, R., Bahsoan, A., Ilato, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Biluhu. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.19263

Aktivitas, P., Stray, T., Kelas, S., & Mia, X. I. (n.d.). Pembelajaran kooperatif tipe two stay biology teaching and learning (pp. 92–101).

Andalangi, Y., Hafid, R., Maruwae, A., Saleh, S. E., & Bahsoan, A. (2022). Pengaruh pola belajar dan frekuensi belajar terhadap aktivitas belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Kaidipang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2113–2130. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2113-2130.2022

Ardhani, Y. P. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat [Skripsi, FKIP Universitas Lampung].

Azis, R. (2008). Penggunaan model pembelajaran kooperatif dan kompetitif. Jurnal Madrasah, 1(1), 1–5.

Belajar, H., & Peran, M. B. (2021). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS tentang perjuangan para tokoh pejuang pada penjajah Belanda dan Jepang melalui metode bermain peran siswa kelas V SDN 2 Purwosari Wonogiri tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123–129.

Damayanti, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Dewi, O. K. (2016). Penerapan metode pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(1), 60–68.

Djou, F., Saleh, S. E., Mahmud, M., Ilato, R., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh pemberian umpan balik (feedback) guru terhadap aktivitas belajar siswa. Journal on Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, 5(1), 208–213.

Fish, B. (2020). Upaya meningkatkan keaktifan dan kompetensi siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X RPL di SMK Terpadu Bina Insan Sumedang dengan menerapkan model discovery learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2507(Februari), 1–9.

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Alkali-thermostable azoreductase from Bacillus sp. strain S. Jurnal Bioteknologi, 3(2), 91–102.

Kewarganegaraan, P., Negara, A., Ani, H., Sekolah, I., Ilmu, T., Balikpapan, H., Dewasa, A., Belakang, L., Negara, M., & Swt, A. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 1–15.

Mi’rojah, N. Y., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). Penerapan model two stay two stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XII IPS 2 MA DH NW Kalijaga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1107

Mulyati. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan tipe two stay two stray (TSTS) pada pokok bahasan kubus dan balok. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 90–98.

Nuriyanto, E. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada siswa SMP. Jurnal Suluh Edukasi, 1(1), 101–120.

Prasetya, H. R., & Rokhman, M. N. (2017). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan permainan duel sejarah untuk meningkatkan minat belajar sejarah Indonesia siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. PT Remaja Rosdakarya, 76.

Purnama, K. J. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2020). Efektivitas model pembelajaran two stay two stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 343–351. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413

Puspita, M., Hinelo, I. R., & Bahsoan, A. (2020). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(4), 365–374. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.303

Putri, P. K., Hidayatullah, A., & Shoffa, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar dan minat belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885

Rachmayani, A. N. (2015a). Penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan keaktifan belajar pembelajaran. (No. 6).

Rachmayani, A. N. (2015b). Penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan keaktifan belajar pembelajaran. (Vol. 4, No. 6).

Rhiantini, S., Sunarya, D. T., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan metode two stay two stray dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pada materi laporan pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 121–130. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10476

Somayana, W. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33

Sutijah. (2021). SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 35–40.

Wardani, A. N. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas X konsep jamur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Sunarto Hanafi, Fatmawaty Damiti, Radia Hafid, Yulianti Toralawe, & Melizubaida Mahmu. (2025). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(4), 41–55. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i4.2131

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.