Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i5.2296Keywords:
Teams-Games-Tournament, Quizizz, learning-outcomes, social-arithmetic, cooperative-learningAbstract
Low student achievement in mathematics is often attributed to unengaging and less interactive teaching methods. The Teams Games Tournament (TGT) learning model, when integrated with Quizizz, offers a cooperative and gamified learning environment that can enhance student motivation and academic performance. This study investigates the effectiveness of the TGT model supported by Quizizz in improving students' learning outcomes in the topic of social arithmetic. Employing a quantitative approach with a One-Group Pretest-Posttest design, the study involved 24 seventh-grade students from MTs Al-Ma’arif Wuluhan. Data were collected through pretest and posttest assessments and analyzed using descriptive statistics, normality testing with the Shapiro-Wilk test, and a paired sample t-test. The results revealed a significant improvement in students' average scores from 47.92 to 82.71, with a p-value < 0.001, indicating a statistically significant effect of the implemented learning model. These findings support the use of TGT with Quizizz as an effective and engaging alternative for mathematics instruction.
Downloads
References
Arrahim, Sugiharti, R. E., & Hanayulianti. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924–1933. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497
Devinra, D., Hadiana, O., Nasrulloh, S. F., Fahrudin, S., & Casnan, C. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbasis digital Quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(1), 13–26. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.9292
Hamidah, R. I., Liansari, V., FPIP, P., & Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (2024). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik sekolah dasar.
Harianto, F. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan bola sodok terhadap minat belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Negeri 2 Ajung Jember. Nuclear Physics, 13(1), 31–41.
Lestari, N. A., Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2024). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbentuk Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10(1), 473–480.
Lestari, P., Gumilar, G., & Widyaningrum, B. (2024). Penerapan model Quantum Teaching berbantuan Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi, 1(6), 504–516.
Mawarni, P. Y., Khasanah, U., Setyansah, R. K., & Sholikhah, O. H. (2023). Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6322–6335.
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E. T., Aritonang, E., & Universitas Efarina. (2022). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro, 12(1), 1–6.
Ngarviyanto, A. S. (2023). Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari pencapaian kemampuan belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG), 957–973.
Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2017). Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran konvensional dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa pada materi pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 291–300.
Nurholifah, L. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui implementasi Quizizz dalam konteks pendidikan digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51–61.
Nuroh, E. Z., & Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (n.d.). Pengaruh model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. 4(1), 116–123.
Pohan, Y. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Rafa tahun ajaran 2019/2020. 15(2).
Sholihah, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN 2 Metro tahun pelajaran 2022/2023.
Ulyasari. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Sunan Ampel Siyar Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Αγαη, 15(1).
Umrawati, D., Jamaludin, & Novitasari, E. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Gowa. 2, 98–106.
Wahida, S. Y. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1).
Zawawi, A., Susilaningtyas, T., & Irawati, T. N. (2021). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model TGT berbantuan Kahoot. Concept and Communication, 23, 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.