Pengaruh Model Pembelajaran (Discovery Learning) dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAN 1 Tanoh Alas

Authors

  • Munawirsyah Munawirsyah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Jafri Haryadi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.713

Keywords:

Learning Media, Discovery Learning, Student Physics Learning Outcomes

Abstract

Students feel physics is a difficult subject and full of formulas, the amount of subject matter that must be memorized, lack of motivation from within students to learn physics, and the inaccuracy of models, methods, and learning media used by teachers, so that learning activities feel bored and boring. Theaim of the research to determine student learning outcomes using the Discovery Learning model assisted by Powerpoint media. This type of research is quantitative research. From the data analysis, the average score of the experimental class was 10.32 with a classification standard of 2.19 and the average score of the control class was 10.06 with a division standard of 2.08. In the normality test for the experimental class obtained Lcount< Ltable = 0.066 < 0.246 and in the control class Lcalculate< Ltable = 0.056<0.234 then both classes have normal distributed data. In the homogeneity test of the data of both samples obtained Fhityoung ≤ Ftabel = 0.429 < 0.657 then both samples came from samples that Homogeneous. The results of the t test are obtained tcount>t table = 2.021 > 1.684 so that Ha is accepted. Thus, this study shows that there is a significant influence on the discovery learning learning model using PowerPoint media on student learning outcomes at SMAN 1 Tanoh Alas.

References

Aprilia Rahmayani, Joko Siswanto,Muhammad Arief Budiman. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar. Volume (3) No.2 Tahun 2019 https://ejournal.undiksha.ac.id Diakses tanggal 11 Februari 2023 pada pukul 16.42 WIB

D. Dinata, H. Yuliani. Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran SMP. https://ejournal.undiksha.ac.id Diakses pada tanggal 11 February 2023 pukul 17.23 WIB

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Dalam Ilmu Fisika Oleh: MUH.IQBAL NIM: 20600114101. https://repositori.uin- alauddin.ac.id Diakses pada tanggal 16 Maret 2023 pukul 22.35 WIB

Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, P. (n.d.). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampila Proses Sains Pada Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI Ipa MAN Manggarai Barat. Skripsi

Febrianawati Yusup. Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7(1) 2018 (17-23) https://jurnal.uin-antasari.ac.id Diakses pada tanggal 13 Mei 2023 pukul 21.45 WIB

I Br Hotang (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMAN 6 Pekanbaru Semester Genap. https://journal.walisongo.ac.id Diakses pada tanggal 11 Februari 2023 pukul 16.55 WIB

Made Gautama Jayadiningrat, Kadek Agus Apriawan Putra, Putu Septian Eka Adistha Putra, Universitas Pendidikan Ganesha, SMA Negeri 3 Singaraja. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk menungkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.VOL 3(2) https://ejournal.undiksha.ac.id Diakses tanggal 11 Februari 2023 pada pukul 17.08 WIB

Murniati Giawa, Saut Mahulae, Antonius Remigus Abi, Patri Janson Silaban. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan. VOL 6,(2) 2020 https://ejournal.unma.ac.id Diakses pada tanggal 13 Mei 2023 pukul 23.00 WIB

PT. Gede Oki Artawan , Ny. Kusmariyatni , Dw. Ny. Sudana. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA.Vol 3(3) 2020, pp 454-460 https://ejournal.undiksha.ac.id Diakses pada tanggal 14 February 2023 pukul 20.05 WIB

Rian Hidayat,Lukman Hakim, dan Linda Lia. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa.7(2) 2019 https://pdfs.semanticscholars.org Diakses pada tanggal 11 Februari 2023 pukul 16.50 WIB

Rosinta Dehong , Melkyanus Bili Umbu Kaleka , Ana Silfiani Rahmawati. Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. https://online-journal.unja.ac.id Diakses pada tanggal 28 Februari 2023 pukul 21.01 WIB

Siti Khasinah Discovery Learning,Defenisi,Sintaks,Keunggulan,dan Kelemahan. Vol 11(3) 2021 https://jurnal.ar- raniry.ac.id Diakses pada tanggal 14 Februari 2023 pukul 20.26 WIB

Yaatulo Hulu, Yakin Niat Telaumbanua. Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Vol 1 (1) 2022 www.educativo.marospub.com Diakses Tanggal 11 Februari 2023 pada pukul 17.16 WIB

Zinol Fajri (2019).Model Pembelajaran Discovey LearningDalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa SD. https://ojs.unars.ac.id Diakses pada tanggal 11 Februari 2023 pukul 16.40 WIB

Downloads

Published

2024-03-14

How to Cite

Munawirsyah Munawirsyah, & Jafri Haryadi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran (Discovery Learning) dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMAN 1 Tanoh Alas. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 397–409. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.713

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.