Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di SD/MI

Authors

  • Syahidan Nurdin UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.985

Keywords:

Class Management, Thematic Learning

Abstract

Classroom management is an effort made by teachers to create and maintain classroom conditions so that they remain normal and optimal in carrying out learning so that it can continue to run effectively and efficiently. Thematic learning is integrated learning that uses themes to link several subjects so that it can provide meaningful experiences to students. The aim of this research is to describe classroom management in thematic learning. This research method is a descriptive approach with a qualitative research type. The results of this research indicate that the classroom management carried out by teachers at SDN 2 Trienggadeng Pidie Jaya has generally been carried out well and teachers have utilized the available classroom facilities and infrastructure.

References

Ahmad Rohani HM dan Abu Ahmadi. Pengelolaan Pengajaran. 1991. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad, Djauzak. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. 1995. Dispendas. Bandung: Depdikbud RI

Akbar Sa’dun, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Akbar, dkk. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakara

Ali, Hasniyati Gani. 2013. Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Ilmplikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. (Jurnal Al-Ta’dib)

Andi Prastowo. 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana Arbangi, dkk. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Bafadal Ibrahim. 2003. Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: direktorat SLTP

Djabidi. 2017. Manajemen Pengelolaan Kelas, Malang: Madani Departemen

Engkoswara. 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan, Menyongsong otonomi Daerah. Edisi Kedua, Yayasan akmal Keluarga, Bandung

Erwinsyah Alfian2017. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (TADRIB). Vol.5 No.2

Gie,The Liang. Cara Belajar Yang Efektif. Jakarta : Raya Grafindo

Jones. Health and Human Behavior Third Edition. 2012. Oxford University Press: United Kingdom

Majid Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Nusa Media

Mulyasa 2002. Manajemen berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Remaja Rosdakarya:Bandung

Murni Wahid. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan. Malang: UM Press Agung

Muslihah Eneng. 2014. Metode Dan Strategi Pembelajaran. Ciputat: Haja Mandiri

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung: tarsito Nawawi. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. Haji Mas

Permendiknas No 24 Tahun. 2007. Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)

Pidarta. 2019. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Renika Cipta

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo

Salma 2020. Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar, Jambi, Indonesia Journal of Basic Education Research (JBER) Vol. 1, No. 2, Mei 2020, pp. 54~57, ISSN: 2716-1560, DOI: 10.37251/jber.v1i2.83

Siti Rizqia Nurmala, 2018, Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas II MI, (Skripsi) UIN Jakarta

Subagyo Joko. Metode Penelitian. 2014. Jakarta : Rineke cipta

Suharsimi dan Arikunto. 2018. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sulistyorini. 2018. Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia

Suprapto dan Efendy. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu- Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: CAPS. Center for Academic Publishing Service

Suprapto. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Bandung: Alfabeta)

Suwarna. 2005. Pengajaran Micro.Yogyakarta: Tri Wacana,

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14. 2005. Pasal 8, Tentang Guru dan Dosen, Depdiknas RI : Jakarta

Vicky Ridwan. 2012. Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia

Widiasworo Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka Depdiknas

Published

2024-06-19

How to Cite

Syahidan Nurdin. (2024). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di SD/MI. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 295–310. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.985

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.