Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah

Authors

  • Aisyah Ariesca Putri Universitas Sriwijaya
  • Nabilla Khairunnisa. S Universitas Sriwijaya
  • Hana Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Ririn Ayu Anjar Wani Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1818

Keywords:

counseling, social-skills, students, effectiveness

Abstract

This study aims to evaluate the effectiveness of group counseling in improving students' social skills in schools through an analysis of 20 articles that meet the inclusion criteria. The results of the review show that group counseling is effective in developing various aspects of students' social skills, including interpersonal communication, cooperation, empathy, and confidence. Various approaches are applied in the implementation of group counseling, such as modeling techniques, role playing, assertive approaches, cognitive behavioral therapy (CBT), and group discussions. The program also creates a safe space for students to share experiences, gain emotional support, and learn to manage emotions and build positive social relationships. Factors that support the success of the program include counselor skills, a good program structure, and support from teachers, parents, and the school environment. Based on these findings, group counseling can be considered as one of the effective strategies to support students' social and emotional development and improve the quality of learning in schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, M. K. (2022). Efektivitas konseling kelompok behavior teknik modeling untuk meningkatkan kecerdasan sosial bagi siswa sekolah menengah pertama di Kota Semarang. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 6(3), 66–73.

Basuki, A. (2013). Efektivitas pelayanan konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1).

Firmansyah, Y., Masril, M., Fitriani, W., Ardimen, A., & Irman, I. (2023). Pengaruh layanan konseling kelompok berbasis regulasi diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4362–4367.

Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Counseling for All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 13–22.

Gunawan, P. A., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 44–49.

Harahap, J. S., & Silvianetri, S. (2024). Efektivitas konseling kelompok dalam mengatasi kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(2), 107–122.

Hasanah, E., Putri, A. M., Ganarsih, I., Delia, L., Azzahra, A., & Zubaidah, Z. (2024). Pengaruh konseling kelompok terhadap perkembangan keterampilan sosial siswa sekolah dasar Negeri 60 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(1), 52–58.

Khasanah, U., Japar, M., & Lianasari, D. (2021, May). Efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik pengelolaan diri dan kontrak perilaku untuk meningkatkan interaksi sosial remaja. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 249–255).

Nasution, P. E. S., & Siregar, A. (2023). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 197–208.

Novialdi, A., & Telaumbanua, K. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Education and Development, 9(2), 647–650.

Pamungkas, D. R., Fitriana, S., & Ajie, G. R. (2023). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (SMAILING) (Vol. 1, pp. 40–59).

Purwatiningtyas, N. (2024). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Rahmi, N., Hasibuan, U. M., Sipahutas, W. M., & Siregar, V. Y. (2024). Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan keterampilan sosial remaja. Social Science and Contemporary Issues Journal, 2(1), 122–132.

Reinald, I. R. K. C. C., & Nugraha, F. R. (2024). Pentingnya konseling kelompok dalam layanan konselor SDIT Permata Hati Bekasi, Kabupaten Bekasi terhadap peserta didik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak di era digital. (Tidak ada informasi jurnal, mohon lengkapi bila tersedia).

Rohima, N. (2023). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan belajar pada siswa. (Tidak ada informasi jurnal, mohon lengkapi bila tersedia).

Rohimah, T., & Karneli, Y. (2024). Pendekatan kelompok dalam layanan bimbingan dan konseling untuk siswa: Strategi dan dampaknya. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(3).

Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh layanan konseling kelompok (role playing) dalam mengatasi bullying di Yayasan Penyantunan Anak Yatim Piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270–274.

Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan experiential learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538.

Ulfa, D. R., & Aghni, R. (2023). Konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial pada remaja yang terpapar kekerasan atau trauma. In Prosiding Universitas Ahmad Dahlan. (Perlu ditambahkan volume/halaman jika tersedia).

Zed, M. (2003). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zuhara, E. (2020). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41–57.

Zulhadi, R., Marwinda, M., & Masril, M. (2023). Pengaruh konseling kelompok teknik asertif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA 1 Dua Koto. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2386–2392.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Aisyah Ariesca Putri, Nabilla Khairunnisa. S, Hana Pratiwi, Ririn Ayu Anjar Wani, & Ratna Sari Dewi. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(3), 212–229. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1818

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.