Tafsir Rasa Dalam Puisi Linguistik Cinta Karya Misnawati Untuk Mengurai Kata-Kata Penuh Makna

Authors

  • Anwarsani Anwarsani SLBN-1 Palangka Raya
  • Santa Santa SMA Negeri 1 Palangka Raya
  • Enisyahwate Enisyahwate SMPN 4 Kapuas Barat
  • Juhairiyani Juhairiyani SMPN 1 Kapuas Timur
  • Tuti Adithama SMPN 3 Kapuas Barat
  • Nabila Salwa SMK Karsa Mulya

DOI:

https://doi.org/10.61132/nakula.v1i5.313

Keywords:

Linguistic Of Love, Misnawati, Feelings Of Love, Emotional Nuances

Abstract

The aim of this research is (1) to describe the poem "Linguistic of Love" by Misnawati in depicting the feelings of love. (2) to describe the emotional nuances reflected in each stanza of Misnawati's "Linguistic of Love" poem and its correlation with language selection. The results of this research indicate that Misnawati successfully created a work that is not only aesthetic but also radiates emotional power capable of connecting readers with the essence of love. Through beautiful romanticism and precise language choices, this poem invites us to reflect on and feel the beauty and complexity of the feelings of love, grounded in linguistic principles.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwarsani, A. (2023). Puisi “Keindahan Alam, Kelana Cinta” Karya: Misnawati untuk Sarana Siswa Mencintai Tempat Wisata di Indonesia. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 215-228.

Alfiya, Z., Perdana, I., Linarto, L., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Metafora Dalam Lirik Lagu Album Berhati Karya Sal Priadi. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 244-259.

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Dalam Kumpulan Puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berduakarya Boy Candra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 36-44.

Misnawati, M., Admojo, W., Diplan, D., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Kajian Ekopuitika Dalam Pantun Nasihat Karya Anwarsani. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(1), 256-272.

Misnawati, M., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., Devi, K., Melinda, M., ... & Salwa, N. (2023). Pantun Nasihat Pada Label Kemasan Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Donat dengan Bahan Dasar Labu Kuning untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLBN 1 Palangka Raya. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 58-75.

Misnawati, M. (2023). Linguistik Cinta. Badan Penerbit STIEPARI Press, 1-68.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.

Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53).

Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif untuk Menjadi Penulis Cerpen yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244.

Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). MODEL TERPADU BUKU CERITA RAKYAT, UNGKAPAN DAN PERIBAHASA BERBAHASA DAYAK NGAJU-INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213.

Saputra, N., Misnawati, M., Muslimah, S., Anwarsani, A., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 33-51.

Saputra, N., Nurachmana, A., Putri, H. A. R., Sidarwati, N., & Sarcie, S. (2022, May). Majas Perulangan Dalam Buku Antologi Puisi Guru “Tentang Sebuah Buku dan Rahasia Ilmu” Serta Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 60-74).

Sitorus, K. S., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Poerwadi, P., & Mingvianita, Y. (2023, April). Penggunaan Model PJBL Pada Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Pemanfaatan Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas X IPS-1 Semester II SMA Negeri 5 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2022/2023. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 155-170).

Suparno, B. A., Muktiyo, W., & Susilastuti DN, S. D. (2016). Media Komunikasi Representasi Budaya dan Kekuasaan. UNS Press.

Tritia, A., Poerwadi, P., Diman, P., Hidayat, N., & Mariani, M. (2022, May). REDUPLIKASI BAHASA DAYAK NGAJU DALAM CERITA-CERITA TAMBUN DAN BUNGAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 27-45).

Wulandari, S. P., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., & Nurachmana, A. (2023). Nilai Edukatif Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 220-229.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Anwarsani Anwarsani, Santa Santa, Enisyahwate Enisyahwate, Juhairiyani Juhairiyani, Tuti Adithama, & Nabila Salwa. (2023). Tafsir Rasa Dalam Puisi Linguistik Cinta Karya Misnawati Untuk Mengurai Kata-Kata Penuh Makna. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(5), 119–130. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i5.313

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.