Pembelajaran Berbasis Saintifik Pada Kelas Inklusif Sekolah Dasar

Authors

  • Oni Oktika Sari Universitas Riau
  • Elsya Meizahwa Universitas Riau
  • Lisa Oktafindari Universitas Riau
  • Hendri Marhadi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.764

Keywords:

Scientific Approach, Children with Special Needs, Inclusive Class

Abstract

The scientific approach in inclusive classes is a learning method that allows children with special needs (ABK) and normal children (non-ABK) to work together to be active in learning in class. The aim of this research is to describe sanitary learning in inclusive elementary school classes. This research uses the Literature Review research method. The data analysis technique is carried out descriptively by analyzing and identifying scientific articles to produce a more informative summary. The results of this research show that implementing scientific-based learning consists of five steps, namely through: 1) Observing, 2) Asking, 3) Trying, 4) Reasoning and 5) Communicating. The application of scientific learning in inclusive classes is still not implemented optimally, especially in communication activities. Students in inclusive scientific learning classes are still unable to communicate deftly and their behavior tends to be hyperactive or very passive. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amburowati, Novita Ayu. 2017. “Proses Pembelajaran Saintifik Peserta Didik Dengan Dasar Inklusif Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA.” Jurnal Pendidikan Khusus: 1–11.

Ashari, Debby Ashari. 2021. “Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2): 1095– 1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677.

Dwi, Arip, and Dwi Setianingsih. 2019. “Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa DiSD Inklusif.” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 3(1): 53.

Fajriah. 2021. “Model Layanan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner) DiSMP Inklusi Kota Semarang.” : 1–174.

Fajrin, Mar’ati, and Tin Rustini. 2022. “Pendekatan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autisme Sekolah DiDasar INklusif Teacher Interpersonal Communication Approach in Improving Social Interactions of Autistic Children In Inclusive Elementary School.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1 (2): 174–80.

Fakhiratunnisa, Safira Aura, Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, and Tika Kusuma Ningrum. 2022. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” Masaliq 2 (1): 26– 42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83.

Hidayah, Laely Dwi. 2020. “Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Inklusif DiSD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.” : 1–90.

Jauhari, Auhad. 2017. “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1(1).

Liana, Dina. 2020. “Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik.” MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI 6 (1): 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92.

Maryani, Maryani, Herlina Effendi, and Henky Sabantaro. 2020. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2): 65–74.

Prastiwi, Zanuar, and Muhammad Abduh. 2023. “Implementasi Pembelajaran Inklusi DiSekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(2): 668–82.

Purwani, Lusy Tania. 2018. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi Dikelas Iv B Sdn N0. 34/1 Teratai.” Current Neurology and Neuroscience Reports 1(1): iiivii.https://doi.org/10.1016/j.jns.2018.09.022%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ej phar.2009.04.058%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.brainres.2015.10.001%0Ahttp: //www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=2854659&tool=pmcentre z&rendertype=abstract%0Ahttp://w. Rahman, Muzdalifah et al. 2023. “Pendidikan Inklusi Kebijakan Dan Evaluasi Dalam Pendidikan Inklusi.” : 203.

Rimawati, and Samsi Haryanto. 2017. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stik Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume V(November): 68–82.

Rohmah, Zahrotur. 2019. “Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Tutor Sebaya Dengan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa DiKelas Inklusif.” Suska Journal of Mathematics Education 5(2): 149.

Sudar, Sudar. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Saintifik Berwawasan Ramah Anak Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” Janacitta 4(1).

Sunanto, Juang. 2016. 2 EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru Pendidikan Inklusif : Konsep, Implementasi, Dan Tujuan. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/view/17.

Tryas Wardani Nurwan. 2019. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif DiSekolah Dasar.” JESS (Journal of Education on Social Science) 3 (2): 201–12.

Una, Luxcya Martir Wona, Veronika Yuliana Beku, and Viorentina Meo Soro. 2023. “Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti 1(1): 1–10.

Wahyuni, Nining Tri, and Ngarifin Shidiq. 2023. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ILUMINASI: Journal of Research in Education 1(2): 125–34.

Widiada, I Ketut et al. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Inklusi Bagi Peserta Didik Learning Disability DiSekolah Dasar Negeri Kota Mataram.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan diBidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7(4): 1028.

Published

2024-04-30

How to Cite

Oni Oktika Sari, Elsya Meizahwa, Lisa Oktafindari, & Hendri Marhadi. (2024). Pembelajaran Berbasis Saintifik Pada Kelas Inklusif Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 101–112. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.764

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.