Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Melalui Pendekatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMPN Satu Atap 3 Jerebuu
DOI:
https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1513Keywords:
Merdeka Curriculum, teacher understanding, CP analysis, Learning Objectives, Alur Tujuan Pembelajaran, Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran, differentiated learningAbstract
This study aims to enhance the understanding and capabilities of teachers at SMPN Satu Atap 3 Jerebuu in implementing the Merdeka Curriculum, focusing on analyzing Capaian Pembelajaran (CP) into Tujuan Pembelajaran (TP), developing Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), and establishing Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). The method used is action research (PTS) with a cyclical approach consisting of planning, implementation, observation, and reflection. In the pre-cycle phase, it was found that teachers' understanding of the Merdeka Curriculum was still low, with an average questionnaire score of 2.0. The implementation of cycle 1 showed an improvement in understanding, but challenges in applying teaching practices remained. Subsequently, cycle 2 demonstrated significant progress, with the average questionnaire score increasing to 4.0, and teachers showed improved abilities in analyzing CP, developing ATP, and using more effective Kriteria Ketuntasan. Observations and interviews during cycle 2 revealed that teachers began to implement differentiated learning and project-based approaches more effectively, although challenges still needed to be addressed. This study recommends further training, practical support, and increased resources to better support the implementation of the Merdeka Curriculum in schools.
Downloads
References
Arikunto, S. (2023). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, P., McTighe, J., & Bybee, R. (2023). Idea Bank: Promoting learning for all through explore-before-explain. The Science Teacher, 90(5), 24–27. https://doi.org/10.1080/00368555.2023.12315965
Djoeaeriah, D., & Hendra, A. (2023). Pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pendidikan berbasis keterampilan abad 21. Jurshibyan, Advance online publication. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JURSHIBYAN/index
Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147
Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10
Ferdinan, Abd. Rahman, & Pewangi, M. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam pada supervisi pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3). https://doi.org/10.4031/jurnaldidaktika.org
Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi supervisi akademik, gaya kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kurnia, T., & Aprison, W. (2024). Implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal LingkarPembelajaran Inovatif, 5(5), 42. https://doi.org/10.1234/jlpi.2024.00505
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio, 9(2), 765-777. https://doi.org/10.1234/edu.2023.5678
Machsun, T. (2019). Efektivitas supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. El-Banat, 9(2), 321-341. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.321-341
Maisaroh, D., Ninthia, D. S., Pratiwi, S. I., Pelealu, N. C. O. M., & Warman, W. (2020). Optimalisasi kualitas pendidikan melalui pendekatan supervisi dan inovasi pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendas Mahakam, 9(1), 60-69.
Mariya, L., Djoa, D. D., Imawan, O. R., Ismail, R., Permana, R., Nurbaya, E., Inayah, S., Sya'ban, M. F., Kusuma, A. E., Ningrum, D. C., & Yani, F. (2024). Pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi: Teori dan praktik. CV. Edupedia Publisher
Masliah, E. (2019). Pengembangan model supervisi akademik teknik mentoring dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review
Mulyasa, E. (2022). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar, Jakarta: Bumi Aksara
Munawarah, N., & Zain, M. I. (2024). Teacher capability in developing independent curriculum learning tools. Journal of Insan Mulia Education, 2(2). https://doi.org/10.59923/joinme.v2i2.161
Pertiwi, M. W., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Analisis implementasi kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 9336. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9336
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi: Implementasi kurikulum merdeka belajar. Penebar Media Pustaka.
Ramadhani, R. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar (Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Universitas Bina Bangsa Getsempena. https://library.bbg.ac.id/
Said, S. (2023). Peran teknologi sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 194. https://doi.org/10.1234/jpenkomi.2023.5678
Sari, N., Suryani, D., Widi Fajari, L. E., & Rini, R. Y. (2023). Komunikasi dengan pendekatan HOTs dalam pendidikan anak usia dini pada abad 21. Dwijacendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76438
Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-modul interaktif dalam pembelajaran mandiri sesuai kapasitas siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 665–672. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458
Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun keterampilan 4C siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921-929. http://semnasfis.unimed.ac.id
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta580
Tomlinson, C. A. (2023). Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD
Tulak, A. M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas kompetensi guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 832–839. https://irje.org/index.php/irje832
Turmuzi, A. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat ajar kurikulum merdeka melalui supervisi akademik di SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 24
Wijaya, H. C., & Syahrum, D. (2013). Penelitian tindakan kelas: Melejitkan kemampuan peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Citapustaka Media Perintis.
Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah menengah atas. Ulul Albab, 28(1), 15–19.
Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Dewi, U. (2020). Learning society Kampung Inggris. Beta Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.