Implementasi Kebijakan Meningkatkan Literasi Generasi Muda di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Shafira Azahra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nida Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.716

Keywords:

Implementation, Policy, Literacy, Young Generation

Abstract

Literacy is an activity to increase knowledge. The lack of motivation of the community and the younger generation to visit the library, the lack of available reading materials, the low awareness of the importance of reading, and the lack of facilities and infrastructure provided are still problems for the government in improving literacy. The purpose of the study was to find out how Policy Implementation Improves Young Generation Literacy in South Tangerang City. The method used is descriptive with a qualitative approach. The results of this study refer to the theory of Varn Metter and Carl Varn Horn in agustino (2008: 142) which includes the following aspects: 1) Size and purpose of policy, 2) Resources, 3) Characteristics of implementing agents, 4) Attitudes or tendencies of implementers, 5) Communication between organizations and activities of implementers, 6) social, economic, and political environment. The research found that although the Library and Archives Office has shown a fairly good performance overall, there is still room for improvement because there are still some obstacles as already mentioned.

References

Artikel Jurnal

Abdi, R. B. (2014). Implementasi Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Di Kota Tangerang Selatan. Skripsi Sultan Ageng Tirtayasa, 19-34.

Aji, S. P. (2022). Manajemen Program Literasi Bagi Peserta Didik Di Perpustakaan Tamansari SMP Negeri 1 Karanglewas Banyumas. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri , 27-35.

Auldrin M. Ponto, N. R. (2016). Implementasi Kebijakan Program Pembangunan Berbasis LingkunganMembangun Prasarana Fisik, Sosial dan Ekonomi Di Kelurahan. Jurnal Ilmu Sosial dan Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, vol 3.

Elita, I. N. U., & Supriyanto, A. (2020). Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Fitriana, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Kebon Dalem Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang, 10-21.

Hamdah, S. (2018). Problematika Serta Solusi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. UIN Syarif Hidayatullah, 16-28.

NisyaIndah Putri, D. G. (2019). PENDIRIAN TAMAN BACA MASYARAKAT DI RT 01/ 17 KP. RAWA LELE KELURAHAN JOMBANG CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar NasionalPengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 23-UMJ-PA.

Setiawan, B. (2019). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 10-40.

Vidiawati, V. (2019). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Tesis Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-quran, 15-47.

Wulandari, T. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Keterampilan Membaca SMA Negeri 1 Purworejo. Universitas Negeri Semarang, 38.

Yunianika, I. T. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. ejournal Undiksha, volume 3, Nomor 4.

Buku Teks

Arwildayanto, M. d. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: CV. Cendikia Press.

Tachjan, M. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.

Nuryanti Mustari, S. M. (2015). Pemahaman Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Sahya Anggara, M. (2018). Kebijakan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dwijowijoto, R. N. (2003). Kebijakan Publik (Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jones, C. O. (1991). Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: Rajawali Press.

Jones, C. O. (1996). Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Miles, M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Muri Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Solichin Abdul Wahab, M. (2012). Analisis Kebijakan (Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Selatan, B. P. (2022). Kecamatan Ciputat Dalam Angka Ciputat In Figures 2022. Tangerang Selatan: BPS Kota Tangerang Selatan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumber dari internet dengan nama penulis

Adeng Bustomi, yogi Ardhi. 2022. In Picture: Minat Baca Warga Indonesia Terendah di Dunia.https://www.republika.co.id/berita/r6brb5314/minat-baca-warga-indonesi-terendah-di-dunia. (Akses 26 Januari 2022).

Bahrul Ulum Ilham. 2022. Harbuknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70-negara/. (Akses 16 Mei 2022).

Kartiko Bramantyo Dwi Putro. 2021. Tingkatkan Literasi, Pemkot Tangsel Luncurkan GIM. https://www.jurnaljabar.id/bewara/tingkatkan-literasi-pemkot-tangsel-luncurkan-gim-b2cCf9ddo. (Akses 13 Oktober 2021).

Mahar Prastiwi. 2021. Pandemi, Pegiat Literasi Ini Beralih ke Layanan Daring. https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/08/194847071/pandemi-pegiat-literasi-ini-beralih-ke-layanan-daring?page=all#page2. (Akses 08 Februari 2021).

Zendy Pradana.2021. Memupuk Asa Literasi di Taman Baca Kolong Flyover Ciputat. https://akurat.co/memupuk-asa-literasi-di-taman-baca-kolong-flyover-ciputat?page=2. (Akses 27 September 2021).

Malik Abdul A. 2021. Peringati Hari Buku Nasional, Pemkot Tangsel: 70 Persen Masyarakat Tangsel Gemar Membaca. https://www.jurnalistika.id/peristiwa/peringati-hari-buku-nasional-70-persen-tingkat-gemar-membaca-di-tangsel/. (Akses 17 Mei 2021).

Donny Adhiyasa. 2022. UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia Urutan ke 60 dari 61 Negara. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1545379-unesco-minat-baca-buku-di-indonesia-urutan-ke-60-dari-61-negara. (Akses 18 November 2022).

Sumber dari internet tanpa nama penulis

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. 2020. Jumlah Sekolah Tahun 2019-2020. https://tangselkota.bps.go.id/indicator/28/36/1/jumlah-sekolah.html. (Akses 30 September 2022).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. 2022. Data Demografi 2022. https://disdukcapil.tangerangselatankota.go.id/uploads/demografi/KESELURUHAN1658301716733.pdf. (Akses 30 September 2022).

Kabar Banten. 2021. Tingkatkan Minat Baca, Ini Program Pemprov Banten. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-591936544/tingkatkan-minat-baca-ini-program-pemprov-banten. (Akses 20 Mei 2021).

Kompas. 2020. Taman Baca Masyarakat Tangsel Diharapkan Penuhi Kebutuhan Pendidikan Literasi. https://regional.kompas.com/read/2020/12/08/15183931/taman-bacaan-masyarakat-tangsel-diharapkan-penuhi-kebutuhan-pendidikan?page=all. (Akses 08 Desember 2020).

Perpusnas.2023. Rakornas Perpustakaan Tahun 2023: Inklusi Sosial Menjadi Basis Pembangunan Perpustakaan. https://www.perpusnas.go.id/berita/rakornas-perpustakaan-tahun-2023-inklusi-sosial-menjadi-basis-pembangunan-perpustakaan (Diakses 06 Maret 2023).

Kominfo. 2017. Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesiamalasbacatapicerewetdimedsos/0/sorotan_media#:~:text=Menurut%20data%20UNESCO%2C%20minat%20baca,1%20orang%20yang%20rajin%20membaca!. (Akses 10 Oktober 2017).

Perundang-Undangan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/UU_No._43_Tahun_2007_tentang_Perpustakaan_.pdf.

Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. https://jdih.bantenprov.go.id/uploads/peraturan/2019pd0036013_1664438164.pdf

Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pengembangan dan Penyelenggaraan Perpustakaan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38392

Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Peraturan_Perpustakaan_Nasional_Nomor_3_Tahun_2023_tentang_Transformasi_Perpustakaan_Berbasis_Inklusi_Sosial_salinan.pdf

Peraturan Walikota Kota Tangerang Selatan nomor 14 Tahun 2022 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, Dan Tata Kerja Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/212785/perwali-kota-tangerang-selatan-no-14-tahun-20

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Shafira Azahra, & Nida Handayani. (2024). Implementasi Kebijakan Meningkatkan Literasi Generasi Muda di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 01–15. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.716

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.