Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matapelajaran Biologi Siswa
Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matapelajaran Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.591Keywords:
Biologi, Kurikulum K13, Media Gambar, SMA, PTK, VirusAbstract
Kurikulum 2013 memiliki tujuan mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Untuk mewujudkan tujuan tersebut peran guru dilingkungan sekolah sangatlah penting dalam membentuk keterampilan siswa khususnya dalam matapelajaran biologi kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Salo. Dimana proses pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional dimana guru menerangkan dan siswa mendengar, mencatat, melakukan tanya jawab seadanya serta menyelesaikan tugas dan latihan. Dengan model pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan hasil pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas penerapan media gambar sebagai model pembelajaran biologi materi virus pada kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Salo. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan 2 siklus dengan proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan media gambar untuk proses pembelajaran materi virus matapelajaran biologi berhasil meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan tingkatan hasil belajar siswa pada nilai 80-100(Baik) dan lebih tinggi dari nilai KKM yang berada pada nilai 75
Downloads
References
Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 165. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966
INDRAYANI, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Presentasi Dengan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas Xi Mipa 1. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(4), 476–487. https://doi.org/10.51878/action.v2i4.1759
Intaran, I. N. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13724
Khadijah, K. (2019). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X Mia 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kampar tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(4), 879–893.
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan Pembuatan Proposal dan Coaching Clinic Penelitian Tindakan Kelas Guru IPA Biologi Se-Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 36. https://doi.org/10.29406/br.v16i1.1857
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014. Permendikbud, 1–12.
Pramudiyanti, P., Meriza, N., Maulina, D., & Rakhmawati, I. (2021). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Tahap Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMAN Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(3), 233–242. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i3.54
Rijal, M. R., Nurjanah, S. S., & Mu’awwanah, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana (kuasi eksperimen pada kelas III SDN Cadasari 1 kelurahan Cadasari Kecamatan Cadasari). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(02), 165. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2499
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.