Hubungan Teknik Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.784Keywords:
Technique, Motivation to learnAbstract
The relationship between feedback techniques and student learning motivation is an important topic in the educational context. Properly provided feedback can influence students' motivation to learn and improve their academic performance. In this journal, we explore the different types of feedback techniques that can be used in education and how they can influence students' learning motivation. This study involved students from various levels of education and used observation, interviews and survey methods to collect data. The research results show that feedback techniques that are constructive and specific tend to increase students' learning motivation, while feedback that is critical or feedback that is unclear can reduce students' learning motivation.
Downloads
References
Anjani, Ayu. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.Vol. 4, No.1
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/442
Bisri, Khasan. (2021). Metode Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an, Metode Kisah dalam Alquran dan relevansinya dengan Pendidikan Islam: Seri Antologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Nusamedia)
Buna'i. (2019). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Surabaya: CV jakad media publishing)
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. (2016). Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: IKAPI)
Eliza, Tiara. (2019). Strategi Umpan Balik sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran: Penerapan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol.7 No.2 Fahyuni, Eni Fariatul dkk. Psikologi Belajar & Mengajar. (Siduarjo: Nizamia Learning Center,2016).
https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/7447
Fahyuni, Eni Fariatul dkk. Psikologi Belajar & Mengajar. (Siduarjo:Nizamia Learning Center,2016).
Indarsari, Milda Sofia. (2023). Penggunaan Metode Repetition and Feedback dalam Menunjang Pembelajaran Anak Slow Learners. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.13 No. 2
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/8316/pdf
Kalsum, Mardiah Nasution. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1.
https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf
Karwono dkk. (2020). Strategi Pembelajaran dalam profesi keguruan (Depok: PT Rajagrafindo Persada)
Magdalena, Ina dkk. (2021). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. (Jawa Barat : CV Jejak).
Marantika dkk. (2020) Evaluasi Pengajaran. (Jawa Barat: Edu Publisher)
Misbah, Siti. (2022). Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Vol. 2, No. 2
https://bimaberilmu.com/jurnal/index.php/jppi/article/download/219/165
Muhammad, Maryam. (2019).Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2
https://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Nirwana,Herman dkk. (2023). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan. Vol. 1, No.2.
https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/article/download/767/349
Siregar, Yuliana. (2022). Motivasi Belajar dalam Pandangan Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. III No. 3
Sofyatiningrum dkk. (2020). Umpan balik Guru terhadap Proses dan Hasil Pembelajaran. (Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan)
Suardi. (2021). Teknik Penerapkan Metode Umpan Balik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Bina Cendikia vol 2. No. 2
https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/117
Sumantri, Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik. (Jakarta:PT Rajagrafindo Persada)
Syahdan. (2020) Strategi Feedback pada Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Semester III Program Studi MPI STIT Palapa Nusantara.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 2, No.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/1113/781/3.
Zain, Aswan dkk. (2017). Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.