Model Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real

Authors

  • Alfito Fatihah Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Rusi Ulfa Hasanah Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Atika Rahmah Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Mayang Nabila Universitas Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.775

Keywords:

Learning Model, Real Analysis, Quality of Lectures

Abstract

Real analysis is a course that requires formal proof of a formal definition. Almost all students have difficulty learning real analysis. These problems require the provision of learning models that can serve students who learn real analysis. The purpose of this study is to provide an overview or description of the Model to improve the quality of real analysis lectures. The method used in this study is Systematic Literature Review. The results of the study concluded that models to improve the quality of real analysis lectures are very diverse. Learning models such as the use of Flow Proof and Extended Triad Level ++ Learning Models, to the application of learning modules such as Project-Based Learning Modules can be effectively and efficiently used to improve the quality of real analysis lectures.

References

Ah, Nurul I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Berbasis Pembuktian pada Semester V UNMUH Jember. Jurnal Gammath, 1(2), 26-32. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/461

Adamura, F & Susanti, D, V. (2018). Penalaran Matematis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Analisis Real Berdasarkan Kemampuan Berpikir Intuitif. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 156-172. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=metode++kualitatif+analisis+real+dalam+mahasiswa&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1714302889650&u=%23p%3DztgUcXHdd-4J

Ekawati, D., & Jumarniati. (2018). Implementasi Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real Program Studi Pendidikan Matematika. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 15–22. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/download/6/3/

Helma. (2019). Penggunaan Flow Proof pada Perkuliahan Analisis Real untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menganalisis Pembuktian. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 55-60. https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/326/77

Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema pada Analisis Real di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 44-52. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7528/3743

Kartini, & Suanto, E. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Semirta , 1(1), 189-198. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualitatif&oq=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualita#d=gs_qabs&t=1714353350688&u=%23p%3DGtai8b8aNYsJ

Kristayulita, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(2), 66–80. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/2152/2162

Kertiyani, I, M, N., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Analisis Riil Dengan Sistem Hibrid. Open Access, Aksioma, 11(2), 117-122.https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=Metode+meningkatkan+kualitas+perkuliahan+analisis+real&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1714309471440&u=%23p%3Dc1VbEx1isqYJ

Laurens, T., Mananggel, M. B., & Sapulette, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 85–92. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/3513/3392

Lestari, K, E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 128-135. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ANALISISKEMAMPUANPEMBUKTIANMATEMATISMAHASISWA+MENGGUNAKANPENDEKATANINDUKTIFDEDUKTIFPADAMATA+KULIAANALISISNYATA&btnG=#d=gs_qabs&t=1714355316787&u=%23p%3DhlIriwQL3UYJ

Nurdalillah, & Arifitriana, W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Berbasis Konstruktivisme pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Graha Nusantara. Jurnal ESTUPRO, 4(3), 22–37. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/download/357/300

Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Real.Artikan: Jurnal Kajian Pendidikan 4(2), 179-187. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualitatif&oq=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualita#d=gs_qabs&t=1714351483067&u=%23p%3DPJNJ31jZUs0J

Septiati, E. (2012). Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real I. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. https://eprints.uny.ac.id/7568/1/P%20-%2034.pdf

Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833

Wahyuni, M. (2017). Analisis Problematika Perkuliahan Analisis Real. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-149. https://media.neliti.com/media/publications/269807-pengembangan-bahan-ajar-mata-kuliah-alja-d61a668d.pdf

Yurinanda, S., Multahadah, C., & Z, G. (2023). Penerapan Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Kuliah Analisis Real 2. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 111–120. https://www.researchgate.net/publication/374937062_PENERAPAN_MODUL_BERBASIS_PROJECT_BASED_LEARNING_PADA_MATA_KULIAH_ANALISIS_REAL_2

Published

2024-05-03

How to Cite

Alfito Fatihah, Rusi Ulfa Hasanah, Atika Rahmah, & Mayang Nabila. (2024). Model Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 01–08. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.775

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.