Peran Guru Dalam Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PPKN Terhadap Pembentukan Karakter Kejujuran Siswa di SMPN 35 Medan

Authors

  • Dewi Romantika Tinambunan Universitas Negeri Medan
  • Jekson Saragih Universitas Negeri Medan
  • Kania Nova Ramadani Universitas Negeri Medan
  • Talita Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Abdinur Batubara Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.837

Keywords:

Teacher's role, evaluation, honest

Abstract

This study is entitled the role of teachers in planning the implementation and evaluation of PPKN learning towards the formation of students' honesty character at SMP Negeri 35 Medan. The method used in this research is descriptive qualitative. Namely a research method that describes a condition or situation and events systematically. Data collection in the form of interviews with PPKN teachers. This research results in an understanding of the role of teachers in planning the implementation and evaluation of PPKN learning on the character of student honesty

References

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Habibullah, N. (2019). Hakikat Kepribadian Guru Sebagai Tenaga Pendidik. At-Ta'lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-14.

Ismail, B. (2014). KOMITMEN GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Mudarrisuna, 1-14.

Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 117-127.

Messi , & Harapan , E. (2017). MENANAMKAN NILAI NILAI KEJUJURAN DI DALAM KEGIATAN MADRASAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi, 278-290.

Mukhlis. (2020). HAKIKAT GURU (PENDIDIK) DALAM PANDANG ISLAM. Journal of Science and Research, 1-7.

Nisa, A. K. (2019). Peran Guru dala Pendidikan Karakter Peserta Didik di SD IT Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 13-22.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 73-86.

Pranowo, D. D. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN DAN KERJASAMA PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS DENGAN METODE BERMAIN PERAN. 1-19.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah.

Rosari, V., Patras, Y. E., & Aziz, T. A. (2023). Dampak Keteladanan Dan Kompetensi Guru Bagi Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendidikan Karakter. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 11(2), 74-78.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7158-7163.

Shodiq, M. J. (2014). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Al-Bidayah, 183-216.

Sidauruk, V. A., & Supeni, S. (2018). PERAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

Sidauruk, V. A., & Supeni, S. (n.d.). Peran dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa kelas X SMA Negeri6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017-2018. 35-48.

Suraji, I. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. In Forum Tarbiyah (Vol. 10, No. 2).

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896-2910.

Zuliani, E. (2017). NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal An-Nâbighoh, 127-156.

Published

2024-05-24

How to Cite

Dewi Romantika Tinambunan, Jekson Saragih, Kania Nova Ramadani, Talita Sembiring, & Abdinur Batubara. (2024). Peran Guru Dalam Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PPKN Terhadap Pembentukan Karakter Kejujuran Siswa di SMPN 35 Medan. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 166–177. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.837

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.