Model Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real
DOI:
https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.775Keywords:
Learning Model, Real Analysis, Quality of LecturesAbstract
Real analysis is a course that requires formal proof of a formal definition. Almost all students have difficulty learning real analysis. These problems require the provision of learning models that can serve students who learn real analysis. The purpose of this study is to provide an overview or description of the Model to improve the quality of real analysis lectures. The method used in this study is Systematic Literature Review. The results of the study concluded that models to improve the quality of real analysis lectures are very diverse. Learning models such as the use of Flow Proof and Extended Triad Level ++ Learning Models, to the application of learning modules such as Project-Based Learning Modules can be effectively and efficiently used to improve the quality of real analysis lectures.
Downloads
References
Ah, Nurul I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Berbasis Pembuktian pada Semester V UNMUH Jember. Jurnal Gammath, 1(2), 26-32. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/461
Adamura, F & Susanti, D, V. (2018). Penalaran Matematis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Analisis Real Berdasarkan Kemampuan Berpikir Intuitif. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 156-172. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=metode++kualitatif+analisis+real+dalam+mahasiswa&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1714302889650&u=%23p%3DztgUcXHdd-4J
Ekawati, D., & Jumarniati. (2018). Implementasi Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real Program Studi Pendidikan Matematika. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 15–22. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/download/6/3/
Helma. (2019). Penggunaan Flow Proof pada Perkuliahan Analisis Real untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menganalisis Pembuktian. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 55-60. https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/326/77
Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema pada Analisis Real di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 44-52. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7528/3743
Kartini, & Suanto, E. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Semirta , 1(1), 189-198. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualitatif&oq=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualita#d=gs_qabs&t=1714353350688&u=%23p%3DGtai8b8aNYsJ
Kristayulita, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(2), 66–80. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/2152/2162
Kertiyani, I, M, N., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Analisis Riil Dengan Sistem Hibrid. Open Access, Aksioma, 11(2), 117-122.https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=Metode+meningkatkan+kualitas+perkuliahan+analisis+real&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1714309471440&u=%23p%3Dc1VbEx1isqYJ
Laurens, T., Mananggel, M. B., & Sapulette, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 85–92. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/3513/3392
Lestari, K, E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 128-135. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ANALISISKEMAMPUANPEMBUKTIANMATEMATISMAHASISWA+MENGGUNAKANPENDEKATANINDUKTIFDEDUKTIFPADAMATA+KULIAANALISISNYATA&btnG=#d=gs_qabs&t=1714355316787&u=%23p%3DhlIriwQL3UYJ
Nurdalillah, & Arifitriana, W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Berbasis Konstruktivisme pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Graha Nusantara. Jurnal ESTUPRO, 4(3), 22–37. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/download/357/300
Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Analisis Real.Artikan: Jurnal Kajian Pendidikan 4(2), 179-187. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualitatif&oq=metode++analisis+real+dalam+mahasiswa+kualita#d=gs_qabs&t=1714351483067&u=%23p%3DPJNJ31jZUs0J
Septiati, E. (2012). Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real I. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. https://eprints.uny.ac.id/7568/1/P%20-%2034.pdf
Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833
Wahyuni, M. (2017). Analisis Problematika Perkuliahan Analisis Real. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-149. https://media.neliti.com/media/publications/269807-pengembangan-bahan-ajar-mata-kuliah-alja-d61a668d.pdf
Yurinanda, S., Multahadah, C., & Z, G. (2023). Penerapan Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Kuliah Analisis Real 2. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 111–120. https://www.researchgate.net/publication/374937062_PENERAPAN_MODUL_BERBASIS_PROJECT_BASED_LEARNING_PADA_MATA_KULIAH_ANALISIS_REAL_2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.