Studi Literatur Review: Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rusi Ulfa Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Saprina Maulida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.794

Keywords:

Mathematical Proof Ability, Students, Literature Study

Abstract

This research aims to comprehensively examine students’ mathematical proof abilities, including the factors that influence them and the efforts that can be made to improve these abilities. The method used in this study is a systematic literature review by analyzing various related research articles published in reputable scientific journals such as Springer Link and Semanthic Scholar. The results of the study show that students’ mathematical proof abilities are still relatively low, influenced by various factors such as conceptual understanding, reasoning ability, and experience in constructing proof. Several ways that can be done to improve students’ mathematical proof skills include developing teaching materials, implementing learning models that encourage proof activities, and providing systematic training and feedback. This study provides important implications for the development of mathematics learning in higher education, especially in efforts to improve students’ mathematical proof skills.

References

Agustyaningrum, Nina,. dkk. (2023). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Teori Ring Ditinjau Dari Pendidikan Sekolah Menengah. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, vol 4(3), hal 1687-1699.

Dewi N, Shofiana, Dadan Dasari. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Cendekia, vol 7(1), hal 240 -254

Erawati N, Ketut, Ni Kadek Rini Purwati. (2020). Kemampuan Pembuktian Matematika Berdasarkan Gender dan Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, vol 4(2), hal 109 – 120.

Fadillah, Syarifah,. Jamilah. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA. Cakrawala Pendidikan, (1), 106-113.

Farhan, M., & Rahman Hakim, A. (2021). KEMANDIRIAN BELAJAR, ADVERSITY QUETIONT DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATAKULIAH ANALISIS REAL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6).

Firmasari S, Herri Sulaiman. (2019). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal of Medives, vol 3(1), hal 1-9.

Gunawan, (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1).

Herizal, H. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. Vigotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol 2(1), hal 33-42.

Hidayati, Destia Wahyu, Arie Wahyuni. (2020). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Parabola Menggunakan Guided Learning Berdasarkan Tingkat Resiliensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, vol 2(5), hal 121-130.

Hodiyanto, Utin Desy Susiaty. (2018). Peningkatan Kemampuan Pembuktian Matematis melalui Model Pembelajaran Problem Posing. MaPan, vol 6(1), hal 128 – 137

Isran, D. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis model struktur representasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Khusna, Hikmatul,. Asih Muatun. (2023). Self Regulated Learning sebagai Prediktor Kemampuan Pembuktian Matematis Calon Guru Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol 9(2), hal 131-140.

Kumanireng, Lusia Bince. (2022). Problematika Pembuktian Matematis Mahasiswa Pada Geometri Transformasi Di Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka. EDUKREASI: Jurnal Penelitian fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol 7(2), hal 14-21.

Lestari K, Eka. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif – Deduktif pada Mata Kuliah Analisis Real. MENDIDIK, vol 1(2), 128 – 135

Multahadah C, Bunga Mardhotillah. (2022). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Matematika Pada Kuliah Teori Bilangan. Gamma-Pi, vol 4(1), hal 36 – 40

Nurrahmah A, Abdul Karim. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Edumath, Vol 4(2), 21-29.

Putri, Aulia Adytia,. Dadang Juandi. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol 7 (2), 135-147.

Qomariyah, S., & Rosyidah, U. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 396–400.

Syafri, Fatrima Santri. (2017). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA. Jurnal Edumath, 3 (1), 49-55.

Yohanes, Rudi Santoso, Mariani Dian. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembuktian Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), vol 6(11), hal 8597-8605.

Published

2024-05-09

How to Cite

Fitriani Fitriani, Rusi Ulfa Hasanah, & Saprina Maulida. (2024). Studi Literatur Review: Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 53–60. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.794

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.