Penerapan Media Game Wordwall Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Matematika Kelas IV SDN Sukabumi 2

Authors

  • Adenita Faradilla Universitas Panca Marga
  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti Universitas Panca Marga
  • Ani Anjarwati Universitas Panca Marga
  • Ludfi Arya Wardana Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i2.1663

Keywords:

Learning outcomes, Mathematics, PTK, Teams Games Tournament (TGT), Wordwall

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of Mathematics of class IV C students at SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo, especially in understanding the concept of multiplication. Difficulty in memorizing multiplication causes low motivation and student participation. This study aims to improve learning outcomes through educational game media Wordwall with the Teams Games Tournament (TGT) model. The method used is Classroom Action Research (CAR) in two cycles with qualitative and quantitative approaches. The subjects of the study consisted of 23 students. The results showed that in the pre-cycle with a class average of only 60.17%. After the implementation of the Wordwall TGT model, the completion rate increased to 72.82% in cycle I, although it was still below the target of 80%, due to lack of student discipline. In cycle II, the completion rate reached 83.56%, with increased student involvement and discipline in participating in learning. Thus, the implementation of Wordwall  with TGT has proven effective in improving the learning outcomes of class IV C students at SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrohmah, I., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2024). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantu media Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(2), 267. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.1725

Anjarwati, E. A. (2023). Meningkatkan sikap ilmiah siswa abad 21 melalui kegiatan eksperimen pada materi fotosintesis. Journal on Education, 5(2), 4030–4040.

Cahyati, R. D., & Sriwijayanti, R. P. (2024). Penerapan model PjBL untuk hasil belajar praktik siswa kelas 3 pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan, 7, 4789–4800. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/26599/19068

Fauzani, N. (2017). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Kamilah, S. F., Wahyuni, I., & Ratnasari, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website menggunakan Google Sites pada materi ekosistem kelas X SMA. Biodik, 9(3), 176–181. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.25523

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12(1), 33–43.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Novyanti, D. H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Wordwall untuk meningkatkan kreativitas kognitif anak dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4(1), 27–33.

Nurulhuda, S., & Marhayani, D. A. (2024). Penerapan model pembelajaran TGT berbantuan Wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2682(1), 37–46.

Oktaviani, P. S., Casnan, C., Hadiana, O., Heriyana, T., & Nurhayati, T. (2023). Efektivitas penggunaan media Wordwall dan mistar pintar terhadap hasil belajar operasi bilangan bulat pada siswa kelas rendah. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 125–136. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7814

Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(1), 278–288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10, 10–31. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/0a56/29e7a0c1602f5368b5ba7aab6d63c74e8744.pdf

Putra, A. D., & Salsabila, H. (2021). Pengaruh media interaktif dalam perkembangan kegiatan pembelajaran pada instansi pendidikan. Inovasi Kurikulum, 18(2), 231–241. https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.36282

Rahmawati, L., & Rulviana, V. (2024). Penerapan media Wordwall untuk meningkatkan minat belajar matematika pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4).

Rohmatin, R. (2023). Penggunaan game edukasi berbasis Wordwall untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan media Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran organ pernapasan pada hewan kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2), 1965–1973. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Alifah, A. N., Pratiwi, K., Fitriani, M. G., Huda, N., Ramadhani, S., & Nurnikmah, U. (2024). Pentingnya media pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3048–3054. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12840/9856

Sagala, S. (2022). Mengukur kemampuan berhitung melalui metode fun game Wordwall pada siswa kelas 1 sekolah dasar Strada Kampung Sawah Priskalia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh media aplikasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Siti, Y., Alima, N., & Sulistyowati, P. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan menggunakan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 3 SDN Ciptomulyo 2 Malang.

Tanthowi, I., Utami, W., Salsabilah, N., Iqamah, N., Awalia, T. A., Malikah, S., & Haer, A. (2023). Efektivitas penggunaan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(4), 563. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek

Vedriati, T. V., & Wardani, K. W. (2023). Penerapan model kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas VI SD Negeri Secang 1. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 397–405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1935

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Adenita Faradilla, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Ani Anjarwati, & Ludfi Arya Wardana. (2025). Penerapan Media Game Wordwall Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Matematika Kelas IV SDN Sukabumi 2 . Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(2), 13–28. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i2.1663

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.